OKE

Python : Mengenal Fungsi Perulangan atau Looping

Dalam sebuah bahasa pemrograman seringkali kita menggunakan fungsi Looping atau Perulangan. fungsi ini digunakan untuk efisiensi script atau pemrograman yang kita buat, semakin sedikit baris program yang dibuat maka waktu eksekusi akan semakin cepat, begitu pula ketika jumlah baris program yang dibuat sangat panjang maka waktu eksekusi program tersebut akan semakin lama.

Perualangan dalam bahasa pemrograman apapun berfungsi untuk memerintahkan komputer melakukan sesuatu perintah secara berulang-ulang. Terdapat dua jenis perualangan dalam pemrograman python, yaitu perulangan dengan FOR dan WHILE.

Perulangan FOR disebut counted loop (perulangan tertentu), sementara perulangan WHILE disebut uncounted loop (perulangan yang tak tentu). Perbedaannya adalah perulangan FOR biasanya digunakan untuk mengulangi ”bagian/blok perintah yang sama” yang sudah diketahui banyak perulangannya. Sementara WHILE untuk perulangan yang memiliki syarat dan tidak tentu berapa banyak perulangannya atau perulangan akan terjadi sepanjang kondisinya masih bernilai benar.

>>> print('Hello, Apa Kabar!')
>>> print('Hello, Apa Kabar!')
>>> print('Hello, Apa Kabar!')
>>> print('Hello, Apa Kabar!')
>>> print('Hello, Apa Kabar!')

Pada contoh tersebut diatas, untuk mencetak tulisan "Hello, Apa Kabar!" sebanyak 5 kali maka kita harus mengetikkan baris perintah "print('Hello, Apa Kabar!')" sebanyak 5 kali, untuk jumlah yang kecil tentu tidak akan berdampak terhadap efesiensi script dan waktu eksekusinya. Namun bagaimana jika kita harus membuat/mencetak perintah tersebut sebanyak 100 kali, tentu dengan cara diatas akan sangat tidak efesien baik dari sisi script maupun dari sisi waktu eksekusi program.

>>> for x in range(0, 5):

              print('Hello, Apa Kabar %s' % x)

Hasilnya:

Hello, Apa Kabar 0

Hello, Apa Kabar 1

Hello, Apa Kabar 2

Hello, Apa Kabar 3

Hello, Apa Kabar 4

Atau

>>> x = 1;

>>> for x in range(5):

              print('Hello, Apa Kabar ', x+1 )

              x = x + 1


Atau dengan penggunaan WHILE

>>> x = 0;

>>> while (x < 5):

              x = x + 1              

              print('Hello, Apa Kabar ', x )

Related

python 7711958461652931003

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Trending

Terbaru

Komentar

item