OKE

HOST CONTROL : Fitur Baru Google Meet Yang Sudah Bisa Dinikmati UNtuk Membantu Mengelola Meeting


Beberapa waktu yang lalu Google Meet sesuai dengan janjinya kembali menambahkan kemampuan moderator yakni memoderisasi meeting atau konference saat ini dan chat Meet, KHUSUS untuk pengguna pendidikan (GSuite for Education).

Apa saja perubahannya ?

Google Meet memberikan fitur kontrol keamanan rapat yang baru kepada penyelenggara (pembuat rapat dan pemilik kalender) rapat GSuite for Education untuk mengelola siapa saja yang dapat berbagi layar (sharing screen) dan siapa yang dapat mengirim pesan chat saat rapat atau meeting berlangsung.

Fitur ini otomatis akan ditambahkan kepada pengguna (user), sehingga tidak perlu ada setting atau pengaturan yang harus dilakukan melalui Panel Admin Console.


Pengaturan SCREEN SHARE

Untuk mengontrol siapa yang dapat berbagi layar mereka dalam rapat, penyelenggara dapat mengaktifkan atau menonaktifkan "Bagikan layar mereka". Secara default, pengaturan ini sudah AKTIF, namun anda sewaktu-waktu dapat mematikan fitur ini saat rapat sedang berlangsung.

Ketika "Share screen" dalam keadaan AKTIF maka peserta rapat atau siswa akan dapat melihat pilihan untuk dapat membagikan layarnya kepada semua peserta meeting, namun jika "Share screen" dalam keadaan NON-AKTIF atau OFF maka hanya Host yang dapat membagikan Layarnya kepada siswa atau peserta rapat.

Tombol atau Option "Present now" tidak akan terlihat pada seluruh peserta. Host dapat menghidupkan dan mematikan fitur ini selama rapat dengan menggunakan komputer atau desktop mode, namun jika dalam mobile device mode hosts tidak dapat merubah pengaturan ini.


Pengaturan Chat / Pesan

Untuk mengontrol siapa yang dapat mengirim pesan pada saat rapat, Host dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur "Send chat messages". Secara default, pengaturan ini akan aktif, sehingga semua peserta atau siswa dapat mengirimkan pesan di tab obrolan kapanpun termasuk saat presentasi berlangsung. 

Saat fitur "Send chat messages", peserta akan melihat opsi untuk mengirim pesan obrolan ke peserta rapat, dan saat "Send chat messages" nonaktif maka hanya Host yang dapat mengirim pesan obrolan, tetapi peserta masih dapat melihat pesan yang dikirim oleh Host. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk mengurangi noise saat paparan atau presentasi sedang berlangsung.

Pesan yang dikirim saat "Send chat messages" aktif akan tetap ditampilkan di riwayat obrolan. Host dapat mengaktifkan atau menonaktifkan "Send chat messages" pada saat rapat berlangsung di mode desktop. Host tidak akan melihat opsi untuk mengubah setelan ini jika dibuka melalui perangkat seluler.

Jika anda tidak dapat menghidupkan atau mematikan fitur ini, maka kemungkinan anda memiliki Chrome extension untuk Meet yang mencegah/memblock fitur untuk dapat dijalankan secara normal. Untuk itu anda dapat mencoba mematikan Meet Chrome extensions anda.

Semua fitur ini otomatis aktif disisi pengguna, sehingga tidak diperlukan pengaturan dari sisi Panel Admin Console.

Related

viral 8901927404734209579

Posting Komentar

  1. Sangat membantu saat presentasi

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Permisi saya mau tanya, jika link untuk meet sudah ditetapkan oleh lembaga dan terstruktur jadwalnya. Namun, tiba-tiba saya menjadi host saat saya tidak sengaja menekan tombol di keyboard (saya tidak sadar menekan apa). Bagaimana cara mengembalikan seperti semula? Mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Trending

Terbaru

Komentar

item