OKE

PAMER : HASIL DAYA SERAP UN 2018

Ujian Nasional Tahun 2017/2018 untuk semua jenjang telah dilaksanakan baik berbasis kertas pensil (UNKP) maupun yang berbasis komputer (UNBK), dan hasilnya pun sudah diumumkan kepada peserta didik sebagai salah satu syarat penentuan kelulusan, yakni telah mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dibuktikan dengan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN).

Dari sisi peserta didik, rangkaian kegiatan UN tersebut telah usai dan berakhir, namun di satuan pendidikan akhir dari siklus tersebut merupakan awal dari siklus tahunan selanjutnya yakni analisis hasil UN atau dikalangan guru / sekolah lebih dikenal dengan istilah hasil test daya serap UN.

Hasil analisis daya serap yang biasanya terbit beberapa bulan setelah kelulusan peserta didik (sekitar september) biasanya paling ditunggu oleh sekolah dan guru-guru, karena analisis daya serap merupakan cerminan proses pembelajaran yang diperoleh peserta didik selama menempuh pendidikan di sebuah jenjang.

Hasil analisis daya serap oleh guru dan sekolah-sekolah yang memiliki pemikiran maju dan revolusioner biasanya digunakan tidak hanya sebagai cermin, akan tetapi lebih dari itu untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memperbaiki kebijakan-kebijakan yang telah dijalankan selama ini untuk meningkatkan mutu lulusan di masing-masing sekolah. 

Ketika ada rata-rata nilai kompetensi dalam UN disebuah sekolah berada dibawah rata-rata kompetensi Nasional atau berada dibawah rata-rata kompetensi di tingkat provinsi/kab/kota maka BISA JADI banyak faktor penyebabnya, misalnya :

  1. memang materi/kompetensi tersebut tidak diajarkan oleh guru karena berbagai pertimbangan, misalnya karena waktu efektif KBM yang terbatas dan banyaknya libur sekolah.
  2. materi tersebut termasuk materi kompleksitasnya tinggi sehingga sulit didelivered/disampaikan kepada peserta didik
  3. inteks siswa dan daya dukung yang rendah
  4. tidak tersedianya sarana dan prasarana pendukung KBM yang memenuhi standar minimal
  5. kompetensi guru yang terbatas untuk mengajarkan materi tersebut
  6. adanya perkembangan dan revisi terhadap sebuah teori/materi/konten pembelajaran yang tidak diketahui oleh guru
  7. kurangnya waktu untuk guru dalam pengembangan diri karena jumlah jam tatap muka yang padat dan seabrek administrasi pembelajaran, administrasi sekolah dan administrasi kepegawaian yang harus mereka isi, urus, selesaikan, dsb.

Tahun ini seperti biasanya, Puspendik - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kembali merilis hasil analisis daya serap dalam bentuk web based di alamat  PAMER PUSPENDIK WEB dan juga berupa aplikasi dengan nama PAMERAN 2018. Pamer 2018 adalah aplikasi yang berisi laporan dari hasil ujian nasioan pada tahun pelajaran 2017/2018 untuk semua jenjang. Didalam aplikasi ini terdapat informasi yang ditampilkan antara lain statistik, daftar, daya serap, grafik serta index integritas pada sekolah yang menyelenggarakan UNKP pada Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018.


VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI PAMER


Dan berikut ini terlampir Hasil Analisis Daya Serap UN dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018, mengingat ukuran file yang besar, disarankan menggunakan komputer untuk mendownload aplikasi ini yang memang hanya bisa berjalan pada sistem operasi windows.

Link download PAMER 2016.
Link download PAMER 2017.
Link download PAMER 2018.


Perdalam pula mengenai artikel Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Butir Soal pada link https://www.fathur.web.id/2018/09/butir-soal-analisis-kualitatif-vs.html

Selamat Menelaah !

Related

Puspendik 6150112820910377627

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item