OKE

LACAK FLIGHT / PENERBANGAN UNTUK MENIKMATI DELAY ANDA

Bagi anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang atau jalur udara, mungkin sering kali anda dihadapkan dengan berbagai kejadian diantaranya waktu boarding sudah hampir tiba namun anda masih chek-in atau bahkan masih dalam perjalanan, atau mungkin belum / tidak adanya pemberitahuan dari petugas mengenai keberangkatan pesawat, bahkan mungkin pengumuman delay yang tak berujung alias tidak ada kepastian dan berbagai permasalahan lainnya.

Ada baiknya sebelum anda berangkat ke bandara, beberapa jam sebelumnya anda sudah melakukan chek-in online terlebih dahulu. Chek-in online ini bermanfaat sekali ketika anda terjebak dalam kemacetan dan waktu boarding sudah hampir tiba. Chek-in online biasanya sudah bisa dilakukan dalam kurun waktu 5 - 23 jam sebelum jadual keberangkatan dan andapun bisa memilih kursi/seat sesuai keinginan (bergantung maskapai).

Ketika anda sudah berada didalam ruang tunggu, untuk beberapa bandara anda akan dapat melihat secara visual kearah landasan dan tempat parkir pesawat, jika tidak ada pesawat yang standby dari maskapai anda sementara waktu keberangkatan tinggal 30 menit maka hampir bisa dipastikan penerbangan anda akan tertunda alias "delay". 

Disisi lain, meskipun ada pesawat dari maskapai penerbangan anda standby di tempat parkir pesawat, belum bisa dipastikan juga bahwa pesawat itu yang akan menerbangkan anda ke kota tujuan. Untuk kondisi semacam ini anda harus melihat ke Flight Information Display System atau FIDS ini biasanya terletak di beberapa lokasi / titik di bandara baik di terminal keberangkatan maupun kedatangan maupun diruang tunggu bandara. Data yang ditampilkan pada papan informasi tersebut meliputi :

1.  Nomor penerbangan (Flight Number)
2.  Maskapai penerbangan (Airline)
3.  Jadwal kedatangan / keberangkatan (Arrival / Departure)
4.  Asal / tujuan (Origin / Destination)
5.  Nomor gerbang (Gate)
6.  Keterangan (berisi estimasted time, menginformasikan pesawat tepat waktu atau tidak)

Papan informasi atau FIDS ini dioperasikan oleh pengelola bandara dan diupdate secara tepat waktu. Namun sering kali informasi yang disajikan dalam layar informasi tersebut kurang akurat, terkadang pesawat telah delay saja statusnya masih on schedule, nah disinilah perlu kecerdasan dan kecermatan anda dalam bersikap untuk bisa MENIKMATI saat terjadi DELAY.

Reaksi orang akan sangat beragam sekali ketika mendengar pemberitahuan delay atau bahkan tidak ada pemberitahuan tentang delay padahal waktu keberangkatan pesawat sudah hampir tiba. berikut ciri-ciri sebuah penerbangan masih sesuai schedule (on-schedule) :

1. Pada papan pengumuman masih tertera penerbangan anda ON-SCHEDULE
2. Orang mulai berdiri dibarisan antrian boarding (bukan jaminan, bisa jadi pesawat lain :) )
3. Ada panggilan untuk masuk ke Ruang Tunggu bagi penerbangan anda
4. Terdengar bunyi printer mencetak manifest penerbangan dari meja boarding di Gate anda

Andai anda sudah berada didalam pesawat sekalipun jangan berharap anda segera dapat terbang dan tiba sesuai dengan schedule karena terkadang bisa jadi perintah untuk segera boarding hanya trik / siasat dari maskapai untuk tidak terkena pinalti dari otoritas bandara atau menghindari kompensasi  lebih besar kepada penumpang akibat dari keterlambatan / delay.

Keterlambatan terdiri dari beberapa kategori (biasanya dapat dilihat di papan informasi ruang tunggu bandara), kategori pertama, keterlambatan 30 sampai 60 menit dapat jatah minuman ringan, kategori kedua yakni 61 sampai 120 menit memperoleh minuman dan makanan ringan, kategori ketiga yakni 121 sampai 180 menit berhak memperoleh makanan berat (nasi kotak), kategori keempat 181 sampai 240 menit minuman ringan+makanan ringan+makanan berat, kategori kelima lebih dari 240 menit dapat kompensasi uang Rp.300.000, lalu kategori keenam pembatalan penerbangan dengan kompensasi pengembalian biaya tiket (refund) atau dialihkan ke jadwal penerbangan berikutnya termasuk jika harus menginap di hotel transit bandara.

Orang yang terdampak delay biasanya akan cendrung tempramental dan emosional karena banyak faktor diataranya tidak tau dan tidak siap menghadapi pemberitahuan delay, jarang menggunakan pesawat udara, bisa jadi juga jarang menggunakan penerbangan LCC, jarang berpergian dengan pesawat udara kedaerah yang cuacanya ekstrim, nah untuk menyiasati kejadian itu semua agar bisa tetap happy akibat terdampak delay maka :
1. kenali tempat/spot-spot relaxasi disekitar anda, 
2. jangan duduk terlalu jauh dari spot terminal listrik / power bank
3. pastikan bisa mengakses jaringan internet 
4. browsing hotel-hotel transit / hotel budget di sekitar bandara
5. pastikan ada game, film, lagu di smartphone anda
6. kenali tempat-tempat seperti toilet, mushola, foodcourt, atm dan public service lainnya
7. selalu bersedia minuman dan makanan ringan di tas kabin anda
8. cari kenalan untuk diajak ngobrol

Namun yang paling membuat anda emosi biasanya pesawat yang tak kunjung datang, dari yang katanya delay 30 menit, lalu berubah menjadi delay 90 menit atau ada pengumuman dari petugas bahwa keberangkatan anda masih menunggu pesawat dari lokasi/kota lainnya, nah disini tentu ada dua pilihan yang bisa anda ambil yakni terus kesel dan emosi tak berkesudahan atau membuat anda semakin asyik menikmati kebohongan petugas boarding tersebut dengan aktivitas menyenangkan seperti melacak keberadaan pesawat yang disebutkan "masih menunggu pesawat dari kota....".

Ada banyak aplikasi berbasis web maupun berbasis mobile yang bisa anda manfaatkan untuk melacak keberadaan pesawat/flight atau penerbangan anda, diantaranya :
1.https://www.flightview.com/flighttracker/
2.https://www.flightradar24.com
3.FlightAware Flight Tracker 
4. FlightTrack
5. GateGuru
6. FlightStatus
7. FlightBoard
8. FlightView
9. iFly Airport Guide

Dengan aplikasi tersebut, anda dapat melacak progres atau keberadaan sebuah penerbangan termasuk untuk mengetahui apakah benar bahwa ada sebuah penerbangan dari maskapai tertentu dari kota A menuju kota B. Dengan demikian kita tidak termakan informasi manis dari petugas yang "enggan" menyebut bahwa penerbangan kita mengalami keterlambatan atau bahkan dibatalkan.

Related

Vacation 2682886261221753273

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item