OKE

STREAMYARD - RAHASIA DAPUR REKAMAN : Kegiatan LIVE Streaming (Perangkat, Aplikasi, Green Screen dan Membuat Sertifikat Otomatisnya)


Ketika anda melihat tulisan ini dan membacanya dengan niat untuk mencari informasi bagaimana persiapan dibalik layar sebuah kegiatan live streaming untuk level pemula atau amatiran seperti saya, maka anda sudah berada pada tempat yang tepat, karena dalam tulisan kali ini anda akan diperlihatkan dan dipandu untuk mempersiapkan sebuah siaran langsung dan mempublikasikannya melalui berbagai media streaming yang ada.

Dalam kesempatan ini aplikasi live streaming yang akan saya gunakan adalah aplikasi STREAMYARD yang gratis, praktis dan mudah dipergunakan layaknya seorang profesional. Gratis tentu dengan beberapa catatan misalnya logo streamyard akan tetap tampil disudut kanan atas layar saat melakukan streaming, tapi ini sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk pemula.

Berikut ini adalah langkah dalam mempersiapkan siaran langsung:
  1. Buka web browser dan ketikkan https://bit.ly/REGSTREAMING
  2. Selanjutnya undang pembicara atau narasumber melalui tombol invite menggunakan email atau private link yang dapat diberikan. Jika anda hanya sendiri langkah ini dapat
  3. Pilih Create Broadcast dan pilih tujuan aplikasi streaming/destinationnya pada Broadcast to, dan tentunya anda harus memiliki channel Youtube jika akan di streaming ke Youtube atau akunFacebook jika ingin distreaming ke Facebook Live 
  4. Selanjutnya tuliskan Title, Description, Cover event dan Schedule atau waktu pelaksanaan kegiatan. Hingga disini tahapan persiapan sudah selesai
  5. Selanjutnya undang pembicara atau narasumber melalui tombol invite menggunakan email atau private link yang dapat diberikan. Jika anda hanya sendiri langkah ini dapat dilewati.
Saat anda pertama kali Broadcast atau menerima undangan sebagai narasumber, untuk pertama kalinya Anda harus mengizinkan Mic / Cam akses

Kemudian isi nama Anda di bidang Nama Tampilan. Pastikan suara Anda didengar dan wajah Anda muncul di layar. Anda dapat membuat pengaturan lanjutan pada tombol Cam / Mic.

Untuk pengaturan lanjutan pada tombol Cam / Mic.


  • Camera: Anda dapat mengatur kamera untuk digunakan jika ada lebih dari satu kamera di komputer Anda

  • Audio: Anda harus mencari pilihan paling jelas dari mic (tidak berisik)

  • Green Screen: Anda dapat menambahkan latar belakang virtual dari foto terbaik yang Anda miliki. Saya menyarankan foto latar belakang yang digunakan adalah tempat terkenal di negara Anda (ikon ditempatkan). Untuk menggunakan layar hijau ini, Anda harus memiliki backgroud (dinding rumah hijau atau biru), atau Anda dapat menggunakan dinding rumah putih dengan menggunakan lampu hijau atau biru untuk membuat warna dinding Anda sesuai dengan warna lampu. Tetapi Anda juga dapat menggunakan latar belakang saat ini (tidak ada pengaturan layar hijau).

Langkah selanjutnya, klik Enter Broadcast Studio tombol. Setelah ini, Anda berada di belakang panggung (backstage), hanya tuan rumah (host) yang dapat melihat Anda. Tuan rumah dapat menambahkan Anda ke panggung (stage) kapan saja dengan izin moderator. Untuk narasumber/pembicara yang berada di belakang panggung dapat berkomunikasi dengan moderator, pembicara dan host menggunakan Obrolan Pribadi (Private Chat) tab.

  • Mute : untuk menjeda microfon. (setelah berbicara, mic harus dibisukan, dan ketika Anda ingin berbicara, maka bersuara untuk mengurangi kebisingan)

  • Stop Cam: untuk menghentikan Cam. (setelah berbicara dan siaran tidak fokus kepada Anda, Anda bisa menjeda Cam Anda)

  • Cam / Mic: Anda dapat mengatur kamera dan mikrofon selama Live.

  • Share Screen:  Anda bisa membagikan Seluruh Layar Anda atau hanya berbagi Jendela Aplikasi yang dibuka atau berbagi Tab Chrome yang Anda pilih. 

  • Leave Studio: Keluar dari siaran dan keluar dari backstage 

  • Private Chat: untuk berkomunikasi antara moderator, pembicara, dan host di belakang panggung (backstage) selama siaran langsung, Anda dapat menggunakan tab ini 

  • Comment Live: Anda dapat melihat tanggapan, komentar, pertanyaan langsung dari audiens baik melalui Obrolan Langsung Youtube dan Obrolan Langsung Facebook. Anda dapat langsung menjawab pertanyaan mereka saat Live..

Simak penjelasan lebih lengkapnya pad video berikut: 


Yang harus diperhatikan dalam tekni Live streaming:
  1. Pembicara harus sudah di belakang panggung 15 menit sebelum Live, untuk persiapan mic,audio,video dan test screen share (jika menggunakan paparan)
  2. Tuan rumah (host) membuka acara dan memperkenalkan moderator. Dan memberinya akses lebih lanjut, untuk memimpin diskusi
  3. Moderator memberikan pengantar presentasi teknis pembicara dan aturan diskusi dan Tanya Jawab dengan audiens
  4. Moderator memperkenalkan profil singkat pembicara
  5. Presentasi
  6. Diskusi
  7. Pertanyaan dan Jawaban
  8. Menutup pernyataan pembicara
  9. Moderator menutup sesi diskusi dan mengembalikannya ke tuan rumah
  10. Host menutup acara.
  11. Live berakhir.


Related

viral 5707413348882958065

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item