OKE

PENTINGNYA IMPLEMENTASI BANK SOAL DI SEKOLAH !

PP 19 Tahun 2015 dan Permendikbud 23 Tahun 2016 mengamanatkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran, pendidik mempunyai kewajiban untuk melakukan penilaian hasil belajar peserta didik agar dapat mengetahui sejauh mana perkembangan kemajuan hasil belajar peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar mereka secara berkesinambungan dalam mencapai standar nasional pendidikan.

Untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar di sekolah dapat dilakukan penilaian secara internal maupun  eksternal. Kedua bentuk penilaian ini bersifat saling melengkapi terhadap informasi yang dihasilkan dalam proses pendidikan di satuan pendidikan. Penilaian internal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pihak sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengembangkan dan menggunakan tes yang dibuat oleh pendidik itu sendiri atau menggunakan tes yang sudah terstandar (standardized test) yang spesifikasi soalnya sesuai dengan kisi-kisi yang dibuat oleh pendidik. Penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pihak di luar sekolah, seperti pemerintah pusat atau pemerintah daerah (provinsi). Lembaga eksternal ini tidak berkaitan langsung dengan pelaksanaan proses pendidikan di sekolah.

Fakta di sekolah, masih banyak ditemukan penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan pendidik ternyata belum sepenuhnya menggambarkan tingkat pencapaian kompetensi peserta didik yang sesungguhnya. Guru belum memahami, belum  mengembangkan soal, dan belum menganalisis butir soal sesuai dengan prinsip, mekanisme, dan prosedur penilaian yang tepat. Pada umumnya guru menggunakan soal yang baru dibuat sendiri atau mengambil dari kumpulan soal yang sudah ada, sehingga soal belum memenuhi kualifikasi soal yang baik. 

Pengembangan soal yang berkualitas dapat dilakukan melalui pengembangan bank soal sekolah. Adapun bank soal sekolah didefinisikan sebagai kumpulan soal di sekolah yang mempunyai karakteristik statistik setiap butir soalnya seperti: daya pembeda, tingkat kesukaran soal, distribusi masing-masing pilihan jawaban, validitas, dan reliabilitas tes. Oleh karena itu penting bagi guru untuk selalu menggunakan instrumen/alat ukur yang valid dan reliabel dalam mengukur pencapaian kompetensi siswa . Tujuannya adalah untuk melayani berbagai kebutuhan penilaian internal sekolah serta untuk mengendalikan mutu pendidikan di sekolah.

Untuk memenuhi fungsi tersebut, penilaian harus memiliki alat ukur (instrumen) yang handal, valid, dan reliabel. Instrumen penilaian diharapkan memenuhi fungsi-fungsi tersebut.  Di samping harus memenuhi syarat keajegan (reliabilitas) dan kesahihan (validitas), juga harus mempunyai syarat keterbandingan (comparability) antar paket tes yang digunakan, mudah digunakan, dan penilaiannya bersifat objektif. Tes yang memenuhi persyaratan tersebut dapat dicapai apabila butir soal yang digunakan sudah diuji coba dan divalidasi.

Bank soal adalah kumpulan soal-soal dalam jumlah yang besar, dan mengukur pengetahuan yang sama, disimpan di dalam komputer atau kartu soal bersama dengan karakteristik setiap butir soalnya. Bank soal  ini perlu dibuat dan harus selalu dikembangkan karena:
  1. dapat menyiapkan tes yang dibutuhkan secara rutin dan lebih dari satu set;
  2. memungkinkan diterapkannya tes melalui komputer (computer based test dan computerized adaptive test), sehingga setiap saat peserta tes dapat mengikuti tes kapan saja; dan
  3. kualitas tes dapat dipertanggungjawabkan.
Tutorial 1 : Spoiler Bank Soal

Aplikasi Bank Soal PSMA 2018 ini merupakan pengembangan dari Learning Management System (LMS) Moodle Versi 3.2, dengan tujuan untuk kemudahan pengelolaan dan administrasi soal-soal yang telah melalui tahapan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif sehingga sewaktu-waktu diperlukan dapat segera di cari dan digunakan secara langsung dengan system ujian online dan/tau offline (intranet).

Aplikasi ini dikembangkan dengan LMS Moodle, sehingga  dapat berjalan normal di lingkungan mobile maupun desktop karena berbasis web dan terdapat pula versi mobile app yang dapat diunduh di playstore. Untuk membuka dan menjalankan aplikasi ini tidak diperlukan spesifikasi hardware khusus. Berikut ini spesifikasi yang dianjurkan untuk user / clients :

  1. Koneksi Internet (jika software dipasang di hosting / IP Public) atau Jaringan (jika software dipasang di menggunakan server sekolah / Intranet / localhost) 
  2. PC/Laptop dengan Processor setara Celeron atau lebih tinggi atau Smartphone 
  3. RAM/Memory lebih besar dari 2 MB

Sedangkan spesifikasi untuk Server yakni :

  1. Web Hosting dengan bandwith dan storage bergantung dari jumlah user dan traffic penggunaan system bank soal.
  2. ATAU komputer server dengan processor XEON / i5 RAM 16Gb untuk jumlah user mencapai 500 serta OS Linux

Spesifikasi Software
1. Bank Soal PSMA 2018 atau Moodle versi 3.2
2. Moodle Theme “PSMA”
3. Modul “Quiz Statistic”
4. PHP 5.6.5 atau lebih tinggi
5. Mysql 5.5.5-10.1.31-MariaDB atau lebih tinggi
6. Webserver XAMPP atau WAMP
7. Browser terbaru
Tutorial 2 : Bank Soal Part 1

Tutorial 3 : Bank Soal Part 2

Tutorial 4 : Bank Soal Part 3

Aplikasi Bank Soal PSMA 2018 atau Add-On dapat di download pada link berikut :
1. LINK BANK SOAL (Utama)
2. LINK BANK SOAL (Alternatif)

Related

Education 2300648539563418750

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item