OKE

MENGATASI ERROR "api-ms-win-crt" & "msvcp140" di XAMPP

Saat melakukan instalasi XAMPP atau aplikasi berbasis windows atau game-game berbasis windows, ada kalanya anda mendapati sebuah pesan error mengenai api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll. Pesan error yang lengkap adalah: “The program can’s start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.” atau pesan error mengenai msvcp140.dll missing files.

Jangan khawatir, karena kasus semacam ini sering dihadapi oleh pengguna windows saat melakukan instalasi sebuah aplikasi. Sebenarnya file-file tersebut masih ada di dalam system windows anda, namun biasanya corupt atau rusak. Untuk itu anda perlu mengganti dan mereplace file tersebut.

File api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll termasuk dalam paket Microsoft Visual C ++ yang juga terdapat di Visual Studio 2015. Jika tidak ada perangkat lunak ini, atau yang ada yang hilang, tidak kompatibel atau rusak, maka hal inilah yang memicu timbulnya pesan error ini.

Karena berkas api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll termasuk dalam perangkat lunak Microsoft Visual C ++, Anda dapat memecahkan masalah ini dengan cara menginstal ulang Microsoft Visual C ++ Redistributable untuk Visual Studio 2015 pada link VCR 2015

Langkah perbaikannya :
  1. Download file vc_redist 2015 (sesuaikan versi windowsnya)
  2. Install Microsoft Visual C ++ Redistributable untuk Visual Studio 2015 (Jika belum ada di komputer anda, cek di control panel - program)
  3. Jika sudah terdapat aplikasi tersebut, maka lakukan UNINSTALL melalui "Control Panel - Program" terlebih dahulu lalu RESTART Komputer
  4. Masuk ke command prompt (ketik CMD di tab search) dan jalankan perintah "net stop wuauserv" dan RESTART
  5. Install Microsoft Visual C ++ Redistributable untuk Visual Studio 2015 dan RESTART
  6. Lakukan Install ulang atau jalankan aplikasi yang bermasalah saat instalasi tersebut (misal XAMPP atau game)
  7. JIKA masih terdapat error, coba lakukan hal yang sama juga untuk Redist 2012, 2013, 2017 (download pada link yang sama) serta lakukan update windows secara offline dengan Service Pack 1 (SP1) dan Service Pack 2 (SP2) 


Semoga Sukses !

Related

Komputer 4623707101594595626

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item