OKE

TIPS dan TRIK REGISTRASI AKUN GOOGLE SUITE FOR EDUCATION (GSE) SERTA PERMASALAHANNYA


Pertanyaan pertama yang sering disampaikan orang kepada kami, "Apakah Google Suite for Education (GSE) itu GRATIS ? Jika ya, mengapa kami diminta membayar ?", secara singkat saya bisa jawab bahwa untuk memperoleh akun GSE itu caranya mudah dan GRATIS. Simak penjelasan lengkap beserta video tutorial termasuk kendala yang dihadapi melalui link DISINI .

Nah, untuk memiliki akun Google Suite for Education bisa mendaftarkan melalui link https://bit.ly/DaftarGSuiteEdu , ingat jangan salah link ya, karena ada beberapa versi yang berbayar juga. Setelah mendaftar pada link tersebut anda akan diajak mencoba menggunakan G-Suite starrer for Basic selama 14 hari untuk selanjutnya bisa di perpanjang (upgrade) menjadi G-Suite for Basic atau G-Suite for Business atau G-Suite for Enterprise. Khusus G-suite for Education anda bisa menggunakan link Google for Education untuk proses pendaftaran (GRATIS).

Saat melakukan pengisian formulir pendaftaran, anda harus mengacu pada data di Kemendikbud, mulai dari penulisan nama sekolah, alamat dan data lainnya yang diminta.
> http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/
> http://forlap.dikti.go.id/perguruantinggi
> http://referensi.data.kemdikbud.go.id/

Jika telah selesai, lakukan verifikasi domain, hal ini untuk memastikan bahwa anda adalah administrator atau orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan pendaftaran domain sekolah menjadi Google Suite (Tutorial

Selanjutnya lakukan SETUP GMAIL, untuk mengakses semua aplikasi dan fitur G-Suite menggunakan SATU Akun berbasis email (Single Sign On) dengan domain sekolah. (Tutorial

Setelah semua proses berjalan, tambahkan akun melalui Consol Admin (habiskan semua akun yang ada) sebanyak 10 akun yang dapat anda buat untuk masa trial 14 hari. pastikan semua kaun tersebut sudah diaktifkan.(Tutorial)

Akun yang anda gunakan setelah registrasi, verifikasi domain dan setup gmail merupakan akun uji coba (trial) 14 hari, untuk itu harus dilakukan proses upgrade melalui link (UPGRADE) dengan login akun Admin G-Suite untuk memperoleh akses PENUH dan GRATIS semua fitur yang ada tanpa batasan (UNLIMITED).

Setelah anda mengajukan proses Upgrade, maka tidak berselang lama biasanya anda akan memperoleh email pemberitahuan dari Google Cloud Support yang meminta anda mengirimkan sejumlah data/dokumen pendukung yang menyatakan lembaga/institusi yang terkait dengan domain yang anda daftarkan benar-benar lembaga non-profit.

Adapun cuplikannya seperti tampak berikut ini:
  1. Official website of the educational institution
  2. Institution's official accreditation document stating educational status (provide a scanned copy)
  3. Proof of nonprofit status
    1. [US] Employer ID/Federal Tax ID number or proof of 501(c)3 status (provide a scanned copy)
    2. [Non-US] Official document stating non profit status (provide a scanned copy)
  4. Your name, contact email (not related to G Suite account) and title/role/affiliation with your educational institution
Masalah yang sering terjadi adalah data yang anda isikan atau domain yang anda gunakan tidak sama dengan domain yang terdapat pada http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ , untuk menyiasati hal tersebut anda bisa menggunakan data alternatif atau rujukan yang bisa anda ajukan kepada Google Cloud Support sebagai pembanding untuk meyakinkan mereka bahwa domain yang anda ajukan benar-benar representasi dari sekolah/universitas anda. Misalnya dengan melampirkan link lembaga anda pada DAPODIK https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/B52A230317E0976223D9 (tentunya data dapodik di update terlebih dahulu dengan menambahkan domain/wesbite dan kontak sekolah terbaru) dan alternatif terakhir adalah berikan rujukan data Akreditasi Sekolah melalui link https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi

Tentunya selain link, juga diperkuat dengan bukti fisik berupa scan Akreditasi Lembaga, NPSN dan sampel Ijasah siswa/mahasiswa.

Setelah semua itu dilakukan sambil menunggu proses verifikasi faktual/fisik dokumen anda dapat memanfaatkan secara maksimal 10 akun yang ada, jika setelah hampir 14 hari berakhir masih belum ada progres hasil verifikasi upgrade maka silahkan hubungi kontak support GSuite melalui Consol Panel Admin GSuite (bisa chat, phone atau email) untuk meminta perpanjangan masa trial. Sebelum pandemi, pengajuan varifikasi upgrade ini biasanya hanya 1 minggu bahkan dahulu kami sering membantu proses pendaftaran hingga full upgrade hanya dibutuhkan waktu kurang dari 24 jam, sekarang bisa lebih dari 14 hari.

Permasalahan lain yang mungkin sering dihadapai saat melakukan proses registrasi adalah akun Admin yang di daftarkan diblok oleh Google, hal ini disebabkan banyak faktor diantaranya anda menggunakan jaringan yang tidak secure, jaringan anda terindikasi ada spam, anda melakukan proses registrasi akun baru dimana pada komputer anda terdapat akun lain yangterasosiasi dengan Admin Console, atau domain yang anda daftarkan pernah didaftarkan oleh orang lain dengan lokasi yang berbeda sehingga jaringan anda dicurigai dan penyebab lainnya. Untuk itu jangan panik, silahkan hubungi support GSuite untuk pembukaan blokir tersebut melalui link https://support.google.com/a/contact/recovery_form?hl=id , nanti anda akan dihubungi.



Salam dari ibukota negara,
Fathur Rachim
Youtube Channel : FathurRachim

Related

viral 4428910215035170164

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item