OKE

STEAM : SEBUAH PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 (STEM / STEMA)

STEAM merupakan akronim dari Science, Technology, Engineering, Arts, and Math. Namun jika diurut berdasarkan sejarah masuk dan bergabungnya "Arts" maka akronim yang tepat adalah STEMA. Pilihan akronim STEAM memiliki makna lain yakni "energi" sehingga dengan akronim tersebut diharapkan pendekatan STEAM mampu membawa energi baru dalam proses pembelajaran di kelas modern dibanidngkan pendahulunya STEM.

STEAM adalah sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang menggunakan Sains, Teknologi, Ilmu Teknik, Seni dan Matematika sebagai pintu masuk untuk membimbing penelitian siswa, diskusi dan kolaborasi, serta berfikir kritis. Hasil akhirnya adalah siswa yang berani mengambil risiko dalam penelitiannya namun dengan pertimbangan matang, terlibat langsung dalam membentuk pengalaman belajar, gigih dalam menemukan solusi atas masalah, aktif dalam melakukan kolaborasi, dan bekerja melalui proses yang kreatif. Mereka yang terlibat dalam pendekatan ini adalah para inovator, para pendidik, para pemimpin, dan sekaligus pembelajar abad ke-21. (Riley, 2019)

Sudah sejak lama mestinya kita memikirkan model pembelajaran seperti apa yang dapat memastikan siswa kita nantinya akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan layak. Kita sekarang banyak terjebak dengan upaya mempersiapkan siswa untuk profesi atau pekerjaan-pekerjaan yang bahkan mungkin nantinya sudah tidak ada, mengingat di era disruptif ini telah begitu banyak profesi dan pekerjaan yang berkurang, bahkan hampir punah.

Kita berada pada titik di mana hal itu tidak hanya mungkin, namun pasti akan terjadi. Tetapi jauh lebih penting dari itu, yakni untuk memfasilitasi lingkungan belajar yang nyaman, dinamis, dan relevan. Jarang dari kita untuk mencoba pergi keluar kelas dan melihat sebuah pohon lalu berkata, "itu pohon, maka itu adalah sains" atau melihat "langit yang berwarna biru, jadi itu adalah seni."
Dunia kita ini ibarat permadani pembelajaran yang indah, kompleks, dan rumit yang kesemuanya itu telah ada dengan aturan dan kekhasannya sendiri. Mengapa kita begitu percaya diri bahwa kita memiliki kemampuan untuk dapat meletakkannya di balik dinding bata dan pintu ruang kelas yang disebut sekolah?

Mengintegrasikan konsep, topik, standar, model dan penilaian adalah cara yang ampuh untuk mengubah iklim pembelajaran di sekolah. Kita harus faham apa yang harus dipersiapkan ketika kita membuka pintu ke dunia nyata dan menghadirkan praktik-praktik tersebut dalam proses pembelajaran kita. Sehingga akhirnya kita bisa menghilangkan dinding bata dan pintu ruang kelas (pembatas) untuk mendapatkan inti dari pembelajaran yang sesunggunya.

Jalan untuk mencapai pembelajaran dengan pendekatan STEAM memang mengasyikkan, tetapi bisa juga sangat berbahaya jika dilakukan tanpa pemahaman tentang arti sebenarnya dari STEAM baik dalam perencanaan maupun implementasinya. Seperti halnya dengan pendahulunya STEM, STEAM dapat menghentikan manifestasi terbaiknya jika dilakukan tanpa memperhatikan beberapa hal berikut :
  1. STEAM adalah sebuah pendekatan pembelajaran terpadu (tematik integratif) yang dirancang dengan melibatkan banyak standar, model, penilaian dan desain / implementasi lintas bidang / mata pelajaran.
  2. Pengalaman pembelajaran STEAM sejatinya melibatkan minimal dua atau lebih bidang dari Sains, Teknologi, Ilmu Teknik, Matematika dan Seni untuk diajarkan dan dinilai dalam dan/atau melalui bidang/pelajarn satu dengan yang lainnya.
  3. Model inquiry, kolaborasi, dan penekanan pada pembelajaran berbasis proses adalah inti dari pendekatan STEAM
  4. Memanfaatkan dan meningkatkan kemampuan seni itu sendiri sangat penting untuk menginisiasi STEAM yang otentik

Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut, yakni:
  1. Perencanaan kolaboratif, termasuk peran guru di setiap kelompok/tim
  2. Mengatur penjadwalan lebih fleksible untuk mengakomodasi cara baru proses pembelajaran
  3. Pengembangan kompetensi profesional untuk semua pihak yang terlibat dalam praktik STEAM
  4. Pemetaan skema STEAM dalam perancangan proses pembelajaran dan penilaian
  5. Penyelarasan dan adaptasi dengan berbagai standar dan penilaian yang ada
  6. Strategi dan proses implementasi rencana pelajaran

Banyak pakar dan guru membincangkan bahkan memperdebatkan tentang perlunya penerapan pendekatan "STEAM" di sekolah. Logikanya sederhana: gelombang kemakmuran ekonomi masa depan terletak pada ketersediaan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan berpengalaman yang dibutuhkan pasar kerja seperti bidang sains, teknologi, teknik dan matematika. Dengan demikian, akan ada peningkatan investasi untuk mendukung penerapan STEM di sekolah. 

Misalnya dengan :
  1. menyediakan perangkat tablet untuk pembelajaran (laboratorium komputer atau satu perangkat untuk satu siswa)
  2. klub atau Ekstrakurikuler STEM 
  3. kurikulum STEM, yakni pengintegrasian STEM dalam proyek 
  4. inisiatif BYOD (bring your own device)
  5. menetapkan “hari STEM” untuk mendorong eksplorasi langsung dalam masing-masing disiplin ilmu STEM
  6. program robotika
Untuk tahap awal, inisiatif tersebut merupakan langkah awal yang luar biasa dalam tahapan eksplorasi untuk keempat bidang mata pelajaran tersebut, namun proses kritis dari kreativitas dan inovasi pada keempat bidang tersebut tidak terjadi. 


Siswa dalam program STEM mungkin memiliki lebih banyak kesempatan belajar berdasarkan pengalaman belajar yang dialaminya, tetapi mereka hanya terbatas pada sains, teknologi, ilmu teknik dan matematika. Ekonomi kita membutuhkan jauh lebih banyak daripada pemahaman tentang keempat bidang-bidang tersebut, ekonomi kita membutuhkan juga bidang-bidang lainnya dalam tatanan aplikasi, penciptaan, dan kreativitas serta inovasi. Jika STEM saja maka masih kurang dapat memberikan kebermaknaan dalam pembelajarannya.

STEAM adalah cara untuk mengambil manfaat dari STEM dan menyempurnakannya dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip tersebut ke dalam dan/atau melalui seni. STEAM membawa STEM naik ke tingkat berikutnya, hal ini memungkinkan siswa untuk menghubungkan pembelajaran mereka di bidang-bidang kritis tersebut bersama-sama dengan seni praktis, elemen, prinsip perancangan, dan standar untuk menyediakan seluruh alat pembelajaran yang mereka miliki. STEAM menghilangkan hambatan yang ada dan menggantinya dengan keingintahuan, kritis, penyelidikan, dan inovasi.

Setiap guru di sekolah memiliki kapasitas untuk menjadi guru STEAM, tidak terbatas hanya pada guru seni atau hanya guru sains. Mungkin tampak terlalu disederhanakan, tetapi sesungguhnya guru STEAM memiliki kualitas yang melekat dari pendekatan ini. STEAM, merupakan bagian dari STEM dengan penambahan atau integrasi seni. Kita mencoba melihat bidang sains, teknologi, ilmu teknik, seni, dan matematika ini secara bersamaan bukan secara parsial atau terpisah-pisah.

Dengan membatasi atau melabeli seseorang sebagai "Guru STEAM", maka secara tidak langsung akan menghilangkan inti dari ide pendekatan STEAM itu sendiri. JIka itu terjadi maka kita akan kembali ke pendekatan lama. Mungkin kita sering mendengar "Mestinya perkalian pecahan itu sudah diajarkan di SD, jadi itu bukan tugas saya lagi" atau "Bukan tugas saya untuk menjelaskan fungsi matematika dasar kepada anak-anak ini." Itu semua tugas kita. Apa yang menguntungkan siswa akan memberi manfaat bagi kita semua.

Dengan mengingat hal itu, jika ada kesempatan untuk mengajarkan dengan pendekatan STEAM maka lakukanlah, karena tidak ada satu pun guru yang memiliki otoritas penuh penggunaan sebuah pendekatan. Semua guru dapat bersama-sama menggunakannya. Selanjutnya, jika semua orang adalah guru STEAM, itu berarti STEAM dapat terjadi di mana saja kapan saja. Itu tidak terbatas pada kelas STEAM tertentu.

Ini adalah pendekatan, bukan kurikulum yang tertulis. STEAM dimaksudkan untuk mendorong rasa ingin tahu, mengajukan pertanyaan mendasar/essensial dan menstimulasi kreativitas dalam eksplorasi pemecahan masalah. Setiap orang dapat menjadi bagian dari itu di setiap kelas.

STEAM terjadi sepanjang hari sebagai sebuah pendekatan untuk digunakan ketika sesuai dengan maksud tujuan pembelajaran. Artinya anda dapat mengintegrasikan STEAM ke dalam kelas matematika, kelas musik, dan kelas apapun yang anda ajarkan. STEAM adalah sesuatu yang dijalin ke dalam struktur budaya sekolah kita. 

Hanya karena semua orang dapat mengajar melalui pendekatan STEAM, tidak berarti mereka dapat langsung melakukannya dengan baik dan bertanggungjawab. Faktanya, sebagian besar guru tidak yakin tentang apa sebenarnya STEAM itu, sehingga bagaimana mungkin mereka bisa mengajari siswa dengan pendekatan ini secara efektif.

Seperti kebanyakan pendekatan yang ada dalam pembelajaran, kita perlu memastikan bahwa guru telah mengikuti pengembangan profesional yang berkualitas mengenai STEAM sebelum dapat menerapkannya. Pastikan bahwa guru memiliki kemampuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pendekatan ini diterapkan dan bagaimana menggunakannya di kelas.

Karena STEAM adalah suatu pendekatan, guru perlu memahami bagaimana menyelaraskan standar-standar yang digunakan, membuat penilaian yang terintegrasi, mengembangkan pembelajaran yang memastikan bidang seni dan STEM diajarkan dengan konsisten, dan dengan strategi khusus yang dapat digunakan bersama-sama siswa.

Ini adalah sebuah pendekatan dimana kita secara aktif mempelajari dan meneliti implementasi terbaiknya. Yang harus terus diingat bahwa semua orang di sekolah adalah bagian dari STEAM. Sehingga semua orang perlu memiliki setidaknya dasar pengetahuan dan pemahaman mengenai pendekatan ini. 

Dalam upaya untuk mengubah sekolah menjadi pusat pembelajaran abad ke-21, banyak yang berupaya memilih untuk sekedar mengubah nama guru STEM menjadi guru STEAM dengan menambahkan seni ke dalam kurikulum mereka saat ini. Para guru bidang STEM tidak dilengkapi dengan pemahaman tentang apa yang membuat STEAM berbeda dari STEM. Jadi mereka terus mengajarkan konten mereka seperti yang selalu mereka lakukan selama ini, dengan tantangan STEAM disampaikan tanpa perencanaan yang baik.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kita tidak dapat mengajarkan pelajaran STEM atau STEAM jika siswa tidak mempelajari keterampilan di setiap bidang secara langsung, dengan kata lain perlu diajarkan materi masing-masing bidang secara individual terlebih dahulu. Artinya kelas-kelas sains, matematika, teknologi dan teknik perlu fokus pada pengajaran keterampilan-keterampilan itu terlebih dahulu. Hanya dengan begitu kita dapat merencanakan pendekatan STEAM yang menyatukan semuanya.


Sama seperti di bidang STEM, agar STEAM terjadi, siswa juga perlu memiliki pengetahuan langsung dalam keterampilan sains dan proses seni. STEAM tidak dapat terjadi jika siswa tidak mengeksplorasi teknik seni, seniman dan komposer ulung, dan keterampilan seni untuk membuat, merespons, melakukan / menyajikan dan menghubungkan.

Pendekatan STEAM dapat terjadi di ruang seni atau musik, dan bisa pula terjadi di ruang matematika atau sains. STEAM bukan tentang apa, di mana atau kapan, STEAM tentang mengapa dan bagaimana. STEAM adalah proses pembelajaran. Ini memungkinkan siswa kita untuk membuat belajar mereka bermakna bagi diri mereka sendiri dan untuk orang lain.

Pendidik hari ini menghadapi tantangan yang sangat berat. Dunia tempat kita hidup ini berkembang begitu pesatnya, tetapi cara kita mengajar siswa hampir tidak berubah dalam kurun waktu lebih dari 50 tahun terakhir. Oleh sebab itulah, kita harus melakukan segala upaya untuk mempersiapkan siswa agar mereka dapat memasuki dunia yang akan mereka alami ketika mereka telah meninggalkan bangku sekolah.

Kita harus optimis bahwa kita dapat melakukan lebih banyak persiapan untuk memastikan lulusan di tahun 2030-an atau 10 tahun dari sekarang lebih siap untuk persaingan di dunia yang akan mereka hadapi dan alami, bahkan kita sendiri pun tidak tahu persis seperti apa dunia dan persaingannya serta pekerjaan yang ada saat itu. Mungkin masih ada tempat untuk bentuk pembelajaran tradisional yang baik dan selama ini telah terbukti namun mungkin hal itu hanya cukup sebagai modal awal saat ini, bukan untuk dikehidupan nanti.

Peran kita sebagai pendidik adalah menginspirasi siswa untuk secara aktif terlibat dalam penemuan-penemuan baru dan kemampuan untuk bertahan dalam segala kondisi dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang integratif serta kontekstual.

Berpikir merupakan kata kerja, tindakan, aktivitas, dan itulah yang kita harapkan untuk dicapai bersama-sama siswa dalam proses pembelajaran. Kita harus mampu memberikan tantangan kepada siswa untuk mencoba sesuatu yang baru, atau memberi tahu mereka bahwa gagal itu sesuatu yang baik, karena ada pembelajaran berharga dalam kegagalan yang dibutuhkan untuk mereka bisa berhasil. Belajar dari kesalahan mereka dan menemukan solusi, dan bahwa pelajaran terbesar yang akan mereka pelajari adalah dari masalah yang tidak dapat mereka selesaikan.

Keterampilan memprediksi diperlukan untuk abad ke-21, mengingat laju perubahan dunia begitu cepat sehingga pekerjaan masa depan mungkin belum terbayangkan oleh kita. Dalam 20 tahun terakhir, teknologi telah sepenuhnya mengubah apa yang tidak mungkin menjadi mungkin, terbukti saat ini begitu banyak pekerjaan/profesi tradisional yang mulai menghilang bahkan diprediksi akan punah dalam beberapa waktu mendatang (misal, tukang pos, kasir, tiket counter, check-in counter, dokter, guru, bahkan institusi pendidikan dsb). 

Dengan laju perubahan ini, para pendidik hanya dapat berhipotesis tentang pekerjaan baru apa yang tersedia untu 10 - 20 tahun dari sekarang. Oleh karena itu, pendidikan tidak hanya menjadi tempat konsumsi informasi, tetapi pengembangan kompetensi dan keterampilan sehingga siswa dapat beradaptasi dengan dunia yang tidak pasti itu.

Sistem pengajaran dan pembelajaran tradisional belum tentu mampu memberikan keterampilan yang dibutuhkan kaum muda untuk berhasil di dunia modern. Banyak bentuk pembelajaran kelas yang lebih tradisional, dalam mata pelajaran tertentu yang kini tidak berkutik dengan kemajuan teknologi. Sekolah tradisional membekali siswa untuk menyelesaikan masalah di masa lalu, sedikit sekali untuk masalah di masa depan, bahkan mungkin tidak ada. Hal ini disebabkan mereka tidak menanamkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan solusi kreatif untuk masalah-masalah kompleks dan lintas pelajaran. 

Bagaimana kita beradaptasi dan mempersiapkan siswa kita untuk tantangan yang akan mereka hadapi di masa depan bergantung dari kita, yakni dengan mendukung pengembangan keterampilan yang dapat ditransfer yang mengharuskan siswa untuk berkolaborasi dan beradaptasi serta menanggapi dunia yang terus berubah. Dengan melakukan itu, kita akan membuat mereka lebih tangguh, fleksibel, dan pada akhirnya sukses ketika mereka memasuki dunia nyata dan mulai berkontribusi pada masyarakat.

Pendekatan baru untuk belajar STEAM adalah metode interdisipliner yang bertujuan membantu siswa mengembangkan keterampilan yang dapat ditransfer dan belajar lintas mata pelajaran melalui eksperimen, "trial and error" serta kreativitas.

Serangkaian penelitian telah menunjukkan bahwa belajar musik dan seni pertunjukan membantu siswa meningkatkan literasi, matematika dan pengembangan kognitif. Dan yang lebih penting, “ARTS” dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan pribadi yang membantu mereka berkolaborasi dan membangun kepercayaan diri.

Pendekatan ini akan menyadarkan kita bahwa tidak ada masalah yang hanya bisa diselesaikan melalui pengetahuan kimia atau fisika saja. Beragam tantangan dan pemikiran diperlukan untuk menemukan solusi atas sebuah permasalahan yang kompleks dimana harus sama dinamisnya dengan dunia di sekitar kita.

Apakah itu pengobatan kanker atau memerangi perubahan iklim, masalah dunia nyata memerlukan masukan dan pemikiran dari berbagai disiplin ilmu. Tidak cukup dengan mengarahkan siswa untuk berpikir hanya sebatas pada modul/buku yang ada. Belajar di berbagai mata pelajaran dan terintegrasi membantu membangun pemahaman yang lebih holistik tentang bagaimana dunia sebenarnya bekerja. Siswa harus diberikan dukungan untuk menemukan ini sedini mungkin dalam perjalanan belajar mereka.


STEAM didasarkan pada pemahaman bahwa inovasi sering ditemukan tatkala mata pelajaran yang berbeda bersinggungan. Dengan mengintegrasikan mata pelajaran ini pada saat yang sama, siswa akan didorong untuk berfikir dalam rentang perspektif yang lebih luas ketika memecahkan masalah tertentu. Sementara pembelajaran tradisional hanya akan mengembangkan pengetahuan berbasis fakta, pendekatan STEAM akan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan yang mengarah pada fleksibilitas, pemikiran kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi.

Sebuah studi pendidikan pada tahun 2013, menemukan fakta bahwa ketika seni diintegrasikan dengan sains, pembelajaran dan teknologi berbasis masalah, prestasi siswa meningkat dalam sains dan matematika juga. Karenanya, STEAM bukan hanya tentang mempersiapkan siswa untuk masa depannya, tetapi juga dapat bertindak sebagai katalis potensial untuk mempercepat pembelajaran.

Pendekatan STEAM akan menjadi kegiatan interdisipliner, berpikir kritis yang akan memberi siswa tantangan zaman modern, masalah dunia nyata yang belum diselesaikan, memerlukan tingkat kolaborasi, eksperimen, dan solusi yang dirancang secara signifikan melalui uji coba. Menciptakan tantangan praktis bagi siswa berarti mereka dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui latihan langsung. Partisipasi aktif dan kebebasan untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan ide-ide dengan orang lain sambil memecahkan tantangan-tantangan terbuka dan nyata ini terbukti meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pendekatan berbasis STEAM mengambil pendekatan terpadu untuk pembelajaran dan pengajaran, yang membutuhkan integrasi antara mata pelajaran, standar isi, penilaian, dan desain / implementasi pembelajaran untuk mencapai tujuan dalam rangka menyelesaikan masalah dunia nyata melalui kegiatan pembelajaran langsung dan kreatif.

Sekolah memulai program pembelajaran berbasis STEAM untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkembang di abad ke-21. Pembelajaran STEAM tidak hanya akan menghasilkan desainer dan insinyur masa depan, namun lebih dari itu akan mengembangkan pola pikir inovatif dan kemampuan untuk memecahkan masalah, untuk memastikan bahwa siswa kita menjadi pencipta teknologi, bukan hanya konsumen pasif.

Siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan pendekatan STEAM diharapkan akan :
  1. berpikir di luar kotak (outside the box)
  2. memiliki kebebasan dan aman untuk mengekspresikan ide-ide inovatif dan kreatif
  3. merasa nyaman melakukan hands-on learning (belajar sambil melakukan)
  4. menentukan sendiri tujuan pembelajaran mereka
  5. bekerja secara kolaboratif dengan orang lain
  6. memahami cara sains, matematika, seni, dan teknologi saling mendukung mencapai tujuan pembelajaran inovatif
  7. menjadi semakin ingin tahu tentang dunia di sekitar mereka dan merasa diberdayakan untuk dapat mengubahnya menjadi lebih baik.

Setelah hadirnya "Arts" dalam STEAM, maka apakah masih perlu untuk meyakinkan sebagian orang yang meyakini bahwa pendekatan STEM hanya untuk mata pelajaran terkait ? Anda harus yakin bahwa ilmu-ilmu sosial dapat pula menggunakan pendekatan STEAM, bahkan bisa dikatakan sebagai jantung dari STEM / STEAM, coba pertimbangkan fakta yang ada bahwa ilmu-ilmu sosial penuh dengan masalah dunia nyata yang cocok untuk STEAM atau pembelajaran berbasis masalah. 

Misalnya, kekurangan air layak minum di banyak wilayah di Indonesia bahkan di dunia membutuhkan pemikiran dan solusi yang inovatif, banyaknya korban tsunami di Aceh tahun 2004 membutuhkan solusi yang inovatif untuk "early warning", atau misalnya kondisi sosial para pemulung dan anak jalanan yang juga membutuhkan solusi inovatif dan manusiawi.

Di STEAM, berdasarkan kasus ilmu sosial diatas, siswa dapat merancang penyaringan air murah atau sistem desalinasi untuk membantu menyediakan air bersih di daerah yang terkena kekeringan atau kelangkaan sumber air, merancang sistem "early warning" untuk meminimalisasi korban tsunami atau bencana alam lainnya, atau membuat alat daur ulang limbah untuk meningkatkan nilai ekonomis sampah-sampah tersebut.

Peningkatan pembangunan disertai dengan polusi mempengaruhi habitat hewan di banyak negara. Siswa dapat mempelajari efeknya pada hewan dan merancang intervensi habitat untuk memperbaiki atau meminimalisir dampaknya. 

Misalnya, peningkatan produksi pertambangan emas dan batu bara disepanjang daerah aliran sungai Mahakam, Kalimantan Timur telah menyebabkan sungai menjadi transportasi utama tidak hanya bagi kapal-kapal kecil milik masyarakat, melainkan juga bagi kapal-kapal bertonase besar serta ponton yang juga melewati hingga ke anak-anak sungai Mahakam, disisi lain tentu pencemaran air sungai akibat limbah mercury dan serpihan batu bara. 

Pesut Mahakam yang menjadi icon kota Samarinda kini terancam bahaya terus menerus bahkan diperkirakan akan  segera punah, karena habitatnya terganggu dengan lalu lalangnya kapal-kapal dan pencemaran limbahnya. Siswa yang mempelajari masalah ini dapat merancang skema perlindungan Pesut Mahakam dengan berbagai solusi yang inovatif. Inilah yang dapat meyakinkan kita bahwa kemungkinan untuk jenis pemecahan masalah dunia nyata di kelas ilmu-ilmu sosial sangat banyak bahkan mungkin tidak terbatas.

Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk guru yang mencoba menggabungkan STEAM ke dalam kelas ilmu-ilmu sosial mereka. Pendekatan lain untuk STEAM di kelas studi sosial adalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Berikan tantangan pada siswa untuk menjadi seorang problem solver. Siswa akan menggunakan proses desain dan metode penyelidikan untuk terlibat dalam pembelajaran yang kontekstual. Pembelajaran berbasis masalah adalah cara ideal untuk meningkatkan relevansi STEAM dalam ilmu-ilmu sosial.

Salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan adalah bagaimana membuat kelas STEAM dan memecah proses dalam kegiatan pembelajarannya. Menyusun satu skenario pembelajaran STEAM mungkin bisa dilakukan, tetapi mencoba menggunakan pendekatan STEAM dengan konsisten dan berkelanjutan merupakan tantangan yang cukup berat.

Langkah STEAM - Susan Riley
educationcloset.com in How to STEAM Your Classroom

Ada 6 langkah mudah untuk merencanakan pelajaran dan memfasilitasi proses pembelajaran pada kelas STEAM, tanpa melihat mata pelajaran yang anda ajarkan, yakni :
1. Focus
Pada langkah ini, kita memilih sebuah pertanyaan penting (essensial) untuk dijawab atau masalah untuk dicarikan solusinya. Penting untuk memiliki fokus yang jelas tentang bagaimana pertanyaan atau masalah ini saling berkaitan dengan bidang konten STEM dan Seni yang telah dipilih.
2. Detail
Selama fase detail, kita mencari elemen yang dominan memiliki keterkaitan pada masalah atau pertanyaan. Ketika kita mengamati hubungan dengan bidang lainnya atau mengapa masalahnya itu terjadi, maka kita mulai menggali banyak informasi mengenai latar belakang masalahnya, saat itulah keterampilan proses yang telah dimiliki siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan.
3. Discovery
Discovery adalah tentang penelitian terbimbing dan pengajaran yang diterapkan secara global. Pada langkah ini, siswa melakukan penelitian solusi yang ada saat ini, serta apa yang masih belum terlaksana/tidak berfungsi berdasarkan pada solusi yang sudah ada.
Sebagai seorang guru, kita dapat menggunakan tahap ini untuk menganalisis kesenjangan yang mungkin dimiliki siswa dalam suatu keterampilan atau proses dan untuk mengajarkan keterampilan atau proses tersebut secara khusus.
4. Aplication
Pada tahap inilah pembelajaran akan lebih menarik. Setelah siswa terlibat dalam perumusan dan menjawab masalah atau pertanyaan dan menganalisis solusi saat ini serta apa yang masih perlu dilakukan untuk memperbaikinya, mereka dapat mulai membuat solusi mereka sendiri untuk mengatasi masalah tersebut.
Di sinilah mereka menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan serta menerapkannya pada tahap discovery.
5. Presentation
Setelah siswa membuat solusi termasuk alternatifnya, langkah selanjutnya adalah membagikannya. Adalah penting bahwa hasil karya dipaparkan/dipublikasikan untuk memperoleh umpan balik dan sebagai cara untuk berekspresi berdasarkan perspektif siswa sendiri seputar pertanyaan atau masalah yang dihadapi. Ini juga merupakan peluang penting untuk memfasilitasi umpan balik dan membantu siswa belajar bagaimana memberi dan menerima masukan.
6. Link
Pada tahap ini, siswa memiliki kesempatan untuk merefleksikan umpan balik yang telah dibagikan untuk melihat proses dan keterampilan mereka sendiri. Berdasarkan refleksi itu, siswa dapat merevisi pekerjaan mereka sesuai kebutuhan dan menghasilkan solusi yang lebih baik.

Design Pembelajaran Abad 21
Teacher as Architect

Lebih lengkapnya silahkan download buku dengan judul "How to STEAM Your Classroom, Revo 4.0 Model - Outside The Box (Part-1)" untuk memberikan wawasan tentang kecakapan abad 21 dan bagaimana menerapkannya di kelas dengan berbagai metode dan pendekatan yang ada dengan cara-cara baru untuk mengatasi berbagai “handicap” seperti terbatasnya waktu tatap muka dan target/tuntutan kurikulum dalam penerapan model-model pembelajaran. Softcopy dapat di unduh melalui link http://bit.ly/steamclassroom

Salam dari Ibukota Negara!

Fathur Rachim





Related

viral 8313683193412189153

Posting Komentar

  1. Terima kasih atas semua penjelasannya,dan sangat menarik sekali,sepertinya ingin praktik langsung,akan tetapi,masih bnyak kendalanya,terutama sekali,kami sangat butuh orang2 yg dapat dan mampu mengajarkan kami terjun langsung kesekolah2,agar kami aka lebih jelas dgn pembelajaran STEAM ini,dikarenakan faktor usia juga akan mempengaruhi daya ingat seseorang,kira2 bagaimana solusinya....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan mulai hal-hal yang kecil terlebih dahulu, simak video yang membahas mengenai ini di chanel kami https://s.id/subscribeCH1 atauhttps://youtube.com/c/FathurRachim

      Hapus
  2. Terima kasih atas semua penjelasannya,dan sangat menarik sekali,sepertinya ingin praktik langsung,akan tetapi,masih bnyak kendalanya,terutama sekali,kami sangat butuh orang2 yg dapat dan mampu mengajarkan kami terjun langsung kesekolah2,agar kami aka lebih jelas dgn pembelajaran STEAM ini,dikarenakan faktor usia juga akan mempengaruhi daya ingat seseorang,kira2 bagaimana solusinya....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. MUlailah dari diri sendiri dan hal-hal kecil..

      Hapus
  3. Kak, redrensi buku STEAM pembelajaran dong, buat skripsi. Terimakasih

    BalasHapus
  4. Kak, refrensi in buku STEAM pembelajaran dong, buat skripsi. Terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari pendidikan matematika apa saja kak referensinya

      Hapus
  5. Terima kasih pak Fathur, sangat bermanfaat sekali referensi berupa jurnal mengenai STEAM berkaitan dengan yg dijelaskan diatas mohon dikirim

    BalasHapus
  6. Terimakasih, materinya sangat menarik dan akan lebih menarik juga rasanya bila diterapkan di sekolah.

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum, mohon bantuanya, saya membutuhkan referensi tentang STEAM untuk bahan makalah saya, terimakasih

    BalasHapus
  8. luar biasa..pemamaparan singkat tapi jelas...

    BalasHapus
  9. STEAM itu sebenarnya model pembelajaran atau pendekatan? Soalnya ada jg buku yg judulnya model pembelajaran STEAM. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendekatan boleh bu di jadikan model juga boleh yang penting ada sain, teknik, engginering , matematika dan EDP (Enginering Design Proses)

      Hapus
    2. Dimana bisa download buku nya kak

      Hapus
  10. Bantuk menjelaskan ini kak
    Apakah fakta bahwa guru kini bekerja dalam lingkungan profesi berbasiskan standar akan meningkatkan atau bahkan mengurangi perlunya pendekatan berbeda dalam mengajar? Jelaskan jawaban dan posisi anda.

    BalasHapus
  11. Terima kasih bapak, uraian tentang STEAM ini sangat membantu.

    BalasHapus
  12. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus
  13. Kak rekomendasi buku steam dong๐Ÿ™ saya butuh referensi untuk skripsi saya, saya prodi pendidikan kimia kak๐Ÿ™

    BalasHapus
  14. Advantage Layanan keuangan adalah salah satu perusahaan terbaik yang pernah saya kerjakan dengan senang hati. Jika Anda mencari pemberi pinjaman, cukup Email: (peterhelps01@outlook.com) atau whatsapp kami di: +34612543577 Anda senang melakukannya

    BalasHapus
  15. Halo Semuanya Saya Bu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin membagikan Kesaksian saya karena ALLAH menyayangi saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua scam. Saya ditipu sebesar 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. kemudian saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar dalam jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya mengurus suami saya dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia mengajukan pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RESIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan berani di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, " SAYA TIDAK AKAN MEMBERI ANDA UANG, SAYA AKAN MENGAJARKAN ANDA BAGAIMANA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA,"  dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang hebat, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, saya dan teman saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengkonfirmasi, di pagi hari peringatan datang, saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN TETAP, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu Novi menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami sampai di tempat tersebut dan melihat orang asing dampak pada perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai impor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar senilai MILIAR. Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua buktinya sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya cerita.

    Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh membuat situs pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya penipu.

    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com,  ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .

    BalasHapus
  16. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Perusahaan___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus
  17. HALO
    Apakah Anda menemukan diri Anda dalam sedikit masalah dengan tagihan yang belum dibayar dan tidak tahu ke mana harus pergi atau ke mana harus berpaling? Bagaimana dengan mencari perusahaan Debt Consolidation yang dapat membantu Anda mengurangi cicilan bulanan sehingga Anda memiliki pilihan pembayaran yang terjangkau serta ruang untuk bernafas ketika datang ke akhir bulan dan tagihan harus dibayar? ®Capital Managements Inc™ adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami menawarkan semua jenis pinjaman mulai dari $5,000.00 hingga $533,000.00USD dengan tingkat bunga rendah 2% dan durasi pinjaman 1 hingga 35 tahun untuk membayar kembali pinjaman dengan aman dan tanpa jaminan. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, Tujuan utama kami adalah membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Mohon kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda dengan Menghubungi kami di WhatsApp berikut:+19292227023 Email drbenjaminfinance@gmail.com

    Peringatan Penawaran Pinjaman Untuk Semua Orang! Apakah Anda sedang down secara finansial dan Anda membutuhkan kredit/bantuan keuangan yang mendesak? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai/meningkatkan bisnis Anda atau membeli rumah impian Anda. DAPATKAN PERSETUJUAN PINJAMAN INSTAN ANDA GARANSI 100% HARI INI, APAPUN SKOR KREDIT ANDA. drbenjaminfinance@gmail.com
    Situs web Capital Managements Inc: https://capitalmanage-inc.com/

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Permisi , numpang tanya.
    Bagaimanakah sintaks untuk membuat modul dengan pendekatan STEM? Terlebih untuk mata pelajaran matematika bangun ruang
    Terima kasih jika berkenan ingin menjawab, sebagai kemudahan saya dalam menjalani penelitian skripsi yg sedang saya jalani

    BalasHapus
  19. HALO
    Peringatan Penawaran Pinjaman Untuk Semua Orang! Apakah Anda sedang down secara finansial dan Anda membutuhkan kredit/bantuan keuangan yang mendesak? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai/meningkatkan bisnis Anda atau membeli rumah impian Anda. DAPATKAN PERSETUJUAN PINJAMAN INSTAN ANDA GARANSI 100% HARI INI, APAPUN SKOR KREDIT ANDA. WhatsApp:+19292227023 Email: drbenjaminfinance@gmail.com
    Situs web Capital Management Inc: https://capitalmanage-inc.com/

    BalasHapus
  20. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  21. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Viral

Langgan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

HIPPER

HIPPER
Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia

Tayangan

item