OKE

HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2016 = HARI TIK NASIONAL !

Simak Cuplikan Pidato Mendikbud dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016.

"...Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan berikutnya. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya. Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya.

Terakhir dan tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi..."

Impian tersebut akan cepat terwujud jika TIK lahir kembali sebagai mata pelajaran terstruktur dengan upgrade kontennya.... bukan sebagai bimbingan tik yg sifatnya OPTIONAL itu.

Sempat kami bertanya dan berdiskusi cukup panjang mengenai kebijakan pelajaran komputer science (TIK) dengan kepala sekolah dan guru di dua sekolah yang kami kunjungi ketika Banchmarking di Korea yakni Kojan Elementary School dan Buwon Girls's Middle School termasuk juga Shinnamsung Elemetary School. 

Ketika kami tanya "Korea Selatan adalah negara maju khususnya dibidang science dan teknologi, bahkan peserta didik anda tampak sudah sangat mahir dengan penggunaan Internet, Tablet dan ICT. Lalu untuk apa lagi ada pelajaran Komputer Science diajarkan lagi kepada mereka, bahkan diajarkan mulai level pendidikan dasar (SD) ?", jawaban mereka adalah "komputer science / TIK bukan sekedar tools/alat untuk pembelajaran, komputer science mendidik dan menstrimulus kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) karena mereka diajarkan komputational thinking, design thinking, critical thinking dan kemampuan untuk mencipta/creation. Jadi tidak semata using technologi yang cenderung konsumtif".


Melalui semangat dan momentum Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016, marilah terus kita serukan agar TIK kembali dalam struktur kurikulum nasional sebagai mata pelajaran dengan upgrading konten kurikulumnya sesuai tuntutan dan perkembangan zaman.


Selamat Hari Pendidikan Nasional, Jayalah Indonesia !
Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO.ORG)

#save4tik #agtifindo #hardiknas2016 #kemdikbud

Related

Kurikulum2013 4150267441351208315

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item