OKE

REVIEW DAMRI : SAMARINDA TO BANDARA PRANOTO (26-11-2018)

Pesawat Garuda jenis Boeing 737 dengan nomor penerbangan GIA 580 dari Jakarta mendarat perdana di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda pada selasa (20/11/2018) pukul 09.45 Wita. Dan sehari setelahnya disusul Pesawat Batik Air jenis Airbus A320 mendarat mulus di Bandara APT Pranoto, Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (21/11/2018) pukul 13.45 Wita.

Untuk menuju Bandara APT Pranoto bisa ditempuh melalui jalur utama jalan poros Samarinda - Bontang dan sebagai alternatif kemacetan bisa melalui perumahan bumi sempaja dan batu besaung (tidak rekomendasi). Waktu tempuh Samarinda Kota - Pranoto :
  1. Damri dengan tarif 40rb , rute Terminal Sungai Kunjang - Hotel Selyca/Hotel Mesra - Pranoto (Lingkar dalam kota) dengan waktu tempuh 90 menit (lalu lintas ramai lancar)
  2. Mobil Pribadi dengan lalu lintas ramai lancar 45 menit dengan titik keberangkatan Fly Over Air Hitam
  3. Mobil Pribadi dengan lalu lintas ramai lancar 75 menit (jalur perum bumi sempaja) dengan titik keberangkatan Fly Over Air Hitam
  4. Grab/Gojek (Mobil) dengan titik keberangkatan Fly Over Air Hitam dengan tarif normal (non peak time) 150rb.
  5. Damri dengan tarif 40rb , rute Terminal Sungai Kunjang - Poll DAMRI AW Syahrani (Indogrosir) - Pranoto (Lingkar luar kota) dengan waktu tempuh 80 menit. (lalu lintas ramai lancar)
  6. Bagi anda yang berada di pusat kota dapat menunggu Bus DAMRI di depan Hotel SELYCA/Hotel Senyiur atau di Poll DAMRI AW Syahrani (Dekat Indomaret). Untuk anda yg naik di depan hotel selyca ada baiknya melakukan konfirmasi ketersediaan seat/tempat duduk ke hotline damri untuk mengantisipasi seat penuh, karena Bus tersebut akan mengambil penumpang terlebih dahulu di Terminal Sungai Kunjang, atau anda dapat ikut Damri yang dari arah Pranoto menuju Sungai Kunjang via Selyca, namun rute tempuh anda semakin jauh yakni Selyca - Terminal Sungai Kunjang - Selyca - Pranoto.
  7. Damri dengan tarif 40rb , Poll DAMRI AW Syahrani (Indogrosir) - Pranoto (Lingkar luar kota) dengan waktu tempuh 55 menit. (lalu lintas ramai lancar) (rute ini harus confirmasi terlebih dahulu.

Berbeda sedikit jika anda menunggu di Poll DAMRI (AW Syahrani) karena jam 8 pagi ada bus yang ke arah Sungai Kunjang dan ada bus yang ke arah Pranoto. Jumlah armada Damri Bandara sejauh yang bisa kami pantau berjumlah 4 armada, dan tentunya akan terus ditambah sesuai jumlah kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan rupiah yang saya keluarkan dari area kadrie oening ke poll damri naik gojek/grab motor sebesar 12rb, dilanjutkan naik Bus Damri ke Pranoto sebesar 40rb, sehingga total pengeluaran saya sebesar 52rb rupiah. Sangat hemat sekali dibandingkan selama ini harus melakukan perjalanan darat ke Balikpapan yang cukup melelahkan disamping biaya transportasi tambahan yang cukup besar yakni 150an ribu hingga 450rb (jika carter) via Sepinggan/SAMS Balikpapan.



Semua rute Damri tersebut diatas dapat berubah menyesuaikan estimasi perjalanan dan keberangkatan masing-masing maskapai yang akan terus bertambah, sehingga rute dan jumlah rute akan terus ditambah sesuai kebutuhan. Untuk informasi mengenai jadual dan rute serta booking Bus DAMRI Bandara di nomor 082256157463.


Sebagai catatan tambahan, bagi anda yang berkendara sendiri menggunakan Motor/Mobil, sistem parkir bandara belum mengakomodir untuk kendaraan yang "nginap", sehingga masih dihitung berdasarkan jam, yakni 3000 rupiah.




Mungkin anda akan terkejut melihat tarif garuda tersebut karena memang banyak faktor diantaranya memang peak time dan penerbangan terbatas sementara permintaan tinggi. Begitupula dengan jarak tempuh resmi yang direlease mencapai 2,5 jam. Saat saya melakukan penerbangan SRI-CGK lebih dari 2 jam namun saat balik hanya 1.55 menit diudara (atau sama dengan BPP-JKT) hal ini disebabkan banyak faktor, mulai dari jenis pesawat, ketinggian jelajah, antrian takeoff, antrian landing/kepadatan diudara, jarak landasan pacu dengan terminal, trafik bandara. Kedepan waktu tempuh udara akan terus bertambah seiring kepadatan bandara. Jika jarak 1 pesawat yang akan lanfding dengan pesawat berikutnya adalah 5 menit , plus ada 1 pesawat yang harus segera takeoff maka paling tidak waktu tempuh akan tereduksi selama 15 menit.
Waktu tempuh Samarinnda - Jakarta sekitar 150 menit (2,5 jam relesase resmi Garuda) sedangkan via SAMS Balikpapan jarak tempuh sekitar 120 menit (2 jam) bergantung pesawat dan maskapai yang digunakan dan trafik bandara. Andai nanti Toll Samarinda _ Balikpapan (estimasi 1,5 jam) sudah bisa digunakan, maka warga Samarinda yang berada di wilayah Samarinda Seberang / Sungai Kunjang dan sekitarnya bisa memilih SAMS atau Pranoto karena jarak tempuh Darat dan Selisih waktu di Udara sudah tidak terlalu signifikan lagi.
Mungkin anda akan terkejut melihat tarif garuda tersebut karena memang banyak faktor diantaranya memang peak time dan penerbangan terbatas sementara permintaan tinggi. begitupula
Saat ini, mereka yang tugas dinas keluar kota seperti Jakarta tentu masih sedikit kesulitan untuk menentukan waktu pulang karena belum ada penerbangan siang atau sore bahkan malam dari arah Jakarta ke Samarinda, sehingga untuk sementara pulangnya harus melalui SAMS Balikpapan atau menggunakan penerbangan pagi di hari selanjutnya.

Demikian review ini, silahkan anda memilih perjalanan darat dan udara anda sesuai budget dan kebutuhan anda. Selamat bertugas dan berlibur.
Jangan lupa SUBSCRIBE, LIKE n SHARE !

Related

trend 4758817303668494564

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item