OKE

GOOGLE FORMS : E-LEARNING, CBT, PORTFOLIO & E-Mail G-SUITE

Google Forms atau yang disebut google formulir adalah aplikasi online berbasis laman (web based) yang berguna untuk membantu merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dapat dihubungkan ke Google Sheets. Google Forms yang biasanya digunakan untuk pengumpulan data survey, dapat dikembangkan untuk penyediaan dan pengelolaan bahan ajar serta sumber belajar secara daring, digunakan untuk proses pembelajaran dan dikembangkan untuk tujuan evaluasi baik formatif maupun sumatif hingga proses penilaian dan analisis hasil daya serap siswa.

Gambar 1: Perbandingan Kapasitas Akun Google Suite

Masalah yang sering muncul dalam pemanfaatan Google Forms saat dipergunakan untuk keperluan ujian online adalah keterbatasan dalam membuat soal yang menampilkan fungsi-fungsi matematika dan statistik serta belum adanya analisis butir soal. Masalah lainnya adalah keterbatasan media penyimpanan (cloud storage) serta pengelolaan akun siswa yang sedikit sulit karena terkadang tidak menggunakan nama asli sehingga sulit dikenali sehingga ada celah keamanannya. Belum tersedianya fitur timer untuk ujian dan diskusi daring semakin membuat Google Forms jauh dari kata layak untuk sebuah aplikasi pembelajaran daring yang utuh mulai dari bahan ajar hingga penilaian.

Gambar 2: Contoh Soal Equation

Gambar 3: Contoh Soal Tabel

Namun Google Forms yang terdapat dalam versi Google Suite for Education (G-Suite for Education) sebagai alat pengembangan perangkat media pembelajaran dengan teknik-teknik tertentu memiliki kemampuan mulai dari pengelolaan bahan ajar, penilaian dan evaluasi hingga analisis hasil daya serap siswa yang sangat handal dari segi konektifitas, kapasitas penyimpanan tak terbatas, tingkat keamanan yang tinggi serta memiliki fitur Single Sign On (SSO) sehingga dapat terintegrasi dengan semua akun dan aplikasi Google lainnya yang dapat dikembangkan secara mudah karena dapat di dirancang tanpa kode pemrograman (script) atau dengan kata lain perancangannya berbasis visual.

Gambar 4: Pengaturan Bentuk Soal PG Kompleks

Gambar 5: Pengaturan QUIZ

Gambar 6: Bentuk-Bentuk Soal

Google Forms merupakan aplikasi yang terdapat baik didalam paket Google Standar maupun Google Suite (G-Suite). Sedangkan G-Suite sendiri terbagi tiga kategori yakni G-Suite Basic, G-Suite Business dan G-Suite Enterprise. Khusus kategori G-Suite Business, Google juga menyediakan paket G-Suite for Education yang sifatnya “Gratis” sebagai bentuk community development dari Google. Google Forms yang terhubung dengan Google Classroom akan semakin "powerfull" untuk bisa digunakan dalam proses pembelajaran dan penilaian.

Video 1: Cara Membuat Password Ujian

Video 2: E-learning Bagian Ke-1

Video 3: E-learning Bagian Ke-2

Video 4: E-learning Bagian Ke-3

Google Suite  adalah paket layanan berbasis komputasi awan (cloud computing) yang memungkinkan anda bekerja apapun dan dimanapun dalam tim. G-suite juga memberikan solusi pemakainya untuk dapat menggunakan e-mail dengan domain sendiri (sekolah/lembaga/perusahaan) hingga mencapai 10.000 akun (dapat di upgrade), komunikasi dan kolaborasi melalui chat dan video Hangouts, kolaborasi dokumen dalam waktu bersamaan menggunakan Google Docs, Google Slide untuk presentasi, Google Sheet untuk pengolahan dan pengelolaan data tabel dan berbagai fitur lainnya.

Gambar 7: Bentuk Soal Isian Singkat, Uraian, Portfolio


 Gambar 8: Model Pengelolaan Portfolio

Gambar 9: Pengelolaan Portfolio Di Google Classroom 

Dampak positif dari pembelajaran dengan menggunakan Google Forms (e-learning) antara lain dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar karena disertai dengan grafik, video, gambar dan hal tersebut akan meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar serta dapat menghemat waktu, menjangkau wilayah geografis yang luas dan melatih kemandirian para pelajar dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dengan model flip learning / bleanded learning.

Contoh E-Learning Dengan Google Forms - https://goo.gl/nr5ngc 

Bagi sekolah atau perguruan tinggi yang ingin migrasi ke Google Apps for Education (GAFE) / Google SUITE  for Education (G-Suite) silahkan anda menyimak video berikut (1-4) secara berurutan dan mengikuti tahapan dari video tersebut (video ini mungkin sudah tidak sesuai, namun proses/tahapannya lebih kurang sama)

4. Full GAFE / Gone Google = https://youtu.be/1oVc4q6cPcU
5. Hangout on Air GAFE 1 = https://youtu.be/VobD-3Oq4Dg
6. Hangout on Air GAFE 2 = https://youtu.be/S1uf1P3DmhM


*Penggunaan Email Resmi Sekolah*

Apakah Anda seorang guru, karyawan atau tata usaha di sekolah? Sudahkah Anda memiliki akun email dengan domain level dua menggunakan domain sch.id? Jika saat ini Anda belum memilikinya, maka perlu ditanyakan kepada pimpinan sekolah atau pengelola TIK di sekolah mengapa belum dibuatkan akun dengan domain resmi untuk sekolah di Indonesia tersebut.

Mengapa harus email resmi? Jawabannya: (1) untuk pendistribusian dokumen resmi kedinasan di lingkungan sekolah dan terjalinnya komunikasi dan distribusi informasi secara cepat, akurat dan akuntabel di lingkungan sekolah. (2) kita bekerja di sekolah, komunikasi melalui email dalam urusan pekerjaan adalah atas nama sekolah, bukan atas nama pribadi. Tidak elok mengatasnamakan sekolah jika masih tetap menggunakan email pribadi. (3) Penggunaan email resmi saat ini sudah menjadi kebijakan di banyak Lembaga pendidikan, yang berwujud surat keputusan yayasan, peraturan menteri, peraturan universitas, dsb. (4) Domain sch.id yang menjadi root domain sekolah resmi didaftarkan di pengelola nama domain internet Indonesia dan diakui secara hukum. (5) Penggunaan email resmi sekolah paling tidak menunjukkan kepedulian kita sebagai insan pendidikan terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, dan Permen Kominfo Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain.

Sekolah mana yang menurut Anda lebih kredibel berdasarkan alamat email kontak berikut ini: fathur@smkmelati.sch.id atau fathur@smaridasa.web.id atau fathur@agtifindo.or.id ataukah fr.rachim@gmail.com atau f_rachim@yahoo.co.id ? Saya yakin Anda akan memilih yang pertama, kedua atau ketiga. Manfaat terbaik dalam menggunakan email sekolah adalah setiap kali kita mengirimkan email, kita mempromosikan domain sekolah kita, bukan domain Gmail atau Yahoo. Email sekolah merupakan cara yang hemat biaya untuk memasarkan sekolah kita tanpa harus menghabiskan banyak uang.

Kelebihan lainnya bisa Web based,  POP-mail,  gratis, tanpa iklan, unlimited space penyimpanan dan lebih prestise. 

Mulailah beralih ke G-Suite !!! 

Related

viral 8272176171499591604

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item