OKE

EYANK VHAZOLLEE : DI GOOGLE AJA (PART-1)


Salah satu hal yang paling krusial ketika orang rame-rame bekerja dan belajar jarak jauh (WFH) adalah masalah KEAMANAN dan PRIVASI data.

SATU ORANG saja yang tak peduli dan lalai dengan keamanan data online, maka SATU INSTITUSI bisa kebobolan datanya.

Jika penyusup ingin membobol suatu gedung atau kantor, maka cara yang paling jitu adalah dengan mengincar PENJAGA YANG PALING LEMAH.
Sehingga dimana-mana kasus pembobolan yang dilakukan pihak luar, banyak yang ternyata MELIBATKAN ORANG DALAM.

Beberapa tahun yang lalu, di SPIDI - Sekolah Putri Darul Istiqamah Pusat pernah soal ulangan semester yang disimpan di Google Drive bocor ke santri sebelum waktunya, sehingga terpaksa guru harus membuat ulang soal yang baru dalam waktu yang mepet.

Hal itu terjadi bukan karena Santri Spidi yang sedemikian hebatnya sehingga mampu membobol sistem keamanan Google.
Bukan itu ...!

Lalu bagaimana bisa itu terjadi?
Sederhana saja. Santri itu hanya minta tolong minjam HP ke SALAH SEORANG GURU dengan alasan mau menghubungi orang tuanya.
Lalu diam-diam dia membuka Google Drive di HP gurunya, membuka folder soal lalu SHARE folder itu ke akunnya.
Hanya berlangsung tidak lebih dari 2 menit.

Setelah itu santri tersebut kembali dan mengambil chromebook-nya, duduk dengan tenang di depan perpustakaan yang bagus sinyal internetnya, lalu dengan santai membukan Shared Folder di akunnya. Terbuka deh...!

Untunglah Tim ICT Spidi segera menemukan "aktivitas mencurigakan" itu dan mengamankannya sesegera mungkin. Tapi soal beberapa mapel sudah sempat di "Save As ..."

"Pembobolan berencana" atas soal-soal ulangan semester itu sempat menghebohkan, tim investigasi dibentuk, mahkamah santri ditegakkan hingga pemanggilan orang tua.
Walaupun diakui bahwa timbul juga sedikit kekaguman terhadap anak yang punya ide sekreatif itu.

Tapi yang ingin saya tekankan disini adalah tentang KERENTANAN sistem keamanan dan privasi institusi karena FAKTOR MANUSIA penggunanya, dimana KELALAIAN adalah satu kelemahan manusia yang belum bisa diatas dengan teknologi apapun hingga hari ini.

Nah... ketika Anda sedang memilih tools, aplikasi dan layanan online, untuk mendukung WFH Anda, apa saja yang menjadi PRIORITAS pertimbangan Anda dalam memilih?

Boleh jadi pertimbangan pertama adalah harga (gratis atau berbayar), lalu urutan berikutnya adalah fitur, popularitas aplikasi, kemudahan pakai, tampilan yang menarik, hemat quota dst.

Boleh jadi pertimbangan keamanan dan privasi berada di urutan yang ke-27 😁😁


#EVBerbagi
#WFH
#DiRumahMo

Related

viral 5545899342214220975

Posting Komentar

  1. Bismillah
    Smoga pengguna dan pemakai niatnya untuk kebaikan . Amin

    BalasHapus

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item