OKE

TRIP : WISATA ALAM, SEJARAH, BUDAYA DAN KULINER BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas 37.530,52 km²[5] dengan populasi hampir 3,7 juta jiwa.

Provinsi ini mempunyai 11 kabupaten dan 2 kota. Secara geografis, Kalimantan Selatan berada di bagian tenggara pulau Kalimantan, memiliki kawasan dataran rendah di bagian barat dan pantai timur, serta dataran tinggi yang dibentuk oleh Pegunungan Meratus di tengah.

Mayoritas penduduk Kalimantan Selatan adalah etnis Banjar (74,34%) yang terdiri atas 3 kelompok, yaitu Banjar Kuala (mendiami kawasan Banjar Bakula atau hilir sungai Barito dan anak-anak sungainya), Banjar Pahuluan (mendiami kawasan hulu Banua Anam atau aliran-aliran sungai yang berhulu di Pegunungan Meratus) dan Banjar Batang Banyu (mendiami kawasan hilir Banua Anam pada aliran sungai Nagara).

Untuk menuju Banjarmasin dari Samarinda dibutuhkan waktu sekitar 15 jam non-stop berkendara dengan jarak 570 KM. Dari Samarinda anda dapat menempuh jalur ferry atau jalur darat melalui rute Sepaku. Jika anda melalui Penyeberangan Ferry Kariangau maka anda harus menyiapkan biaya penyeberangan untuk mobil berkisar 280-320 ribu rupiah, namun jika melalui Sepaku tentu kompensasinya anda harus menyiapkan biaya tambahan bahan bakar sekitar 70 ribu rupiah. Lama tempuh kedua jalur tersebut hanya terpaut beberapa menit. 

Jalan / Rute Samboja - Sepaku - ITCI/Sotek - Petung (20 Des 2018)

Sebagai gambaran, untuk rute SEPAKU tersebut, kondisi jalan mulus hingga 70% jika dibandingkan 10 tahun lalu ketika melewati rute ini dimana jalannya hanya agriget dengan waktu tempuh hampir 4 jam. Saat saya melewati rute ini kembali, bisa ditempuh dalam waktu 2,45 menit dari simpang tiga samboja hingga simpang tiga petung. Jalan yang sedikit rusak ketika akan memasuki wilayah sepaku, kemudian keluar dari sepaku kembali rusak, dan rusak yang agak parah ketika akan memasuki wilayah ITCI hingga Sotek. Saat keluar Sotek hingga simpang petung-penajam kembali mulus.

Meskipun rusak ringan hingga berat, jalanan masih dapat dilalui mobil  sekelas avanza, karen masih cukup keras, kerusakan karena usia aspal yang dimakan usia dan beban berat mobil-mobil besar yang banyak melintas. Sepanjang jalan samboja hingga petung sudah banyak sekali rumah-rumah penduduk permanen yang berdiri, artinya jika anda melewati rute ini sudah tidak sepi dan sesunyi dahulu lagi.

Jika dibangingkan lewat Fery Kariangau, Samboja - Fery - Penajam - Petung 3 jam dengan asumsi mobil langsung naik fery dan lama tempuh fery hanya 1 jam  (ada yang mencapai 2 jam). Sehingga jika lewat Sepaku, lebih hemat waktu sekitar 15-30 menit dan tentunya gratis ongkos penyebrangan fery yakni 280 ribu rupiah. Namun tentu biaya bahan bakar anda terkuras sekitar 70 ribu rupiah jika melewati sepaku dan tentu badan lelah, jika lewat fery tentu anda bisa istirahat di fery sekitar 1 jam - 2 jam.

Selanjutnya anda dapat mengunjungi beberapa Destinasi Wisata yang berada di Kalimantan Selatan, mulai dari Air Terjun Lano dan Goa Liang Tapah di daerah Tabalong, perbatasan Kaltim - Kalsel hingga Jembatan Barito disebalah Timur atau Air Terjun Bajuin Pelaihari di sebelah Tenggara. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi :

1. Air Terjun Lano dan Goa Liang Tapah


2. Candi Agung Amuntai - Hulu Sungai Utara


3. Kawasan Wisata Alam dan Budaya Loksado (Air Terjun, Rafting, Balai Adat Malaris)


4. Pulau Kembang - Barito Kuala - Banjarmasin


5. Pasar Terapung / Floating Market Siring Kuin dan Lok Baintan


Nah.... Apakah ada yang terinspirasi untuk berwisata ke Kalimantan Selatan ?
INSPIRASI RUTE LIBURAN BANJAR-KALSEL
1. Goa Liang Tapah / Air Terjun Lano
2. Loksado
3. Pagat / Hantakan / Manggasang / Air Panas
4. Candi Agung Amuntai
5. Jembatan Gantung Desa Nateh - HST
6. Goa Batu Hapu - Tapin
7. Wisata Religi (Kelampayan, Sekumpul, Pangeran Suriansyah)
8. Maze Runner: Labirin Pelaihari
9. Pasar Terapung Lok Baintan / Pasar Siring
10. Hutan Pinus Mentaos, Banjar Baru
11. Rumah Jomblo
12. Waduk Riam Kanan
13. Jembatan Barito
14. Guntung Nyaru, Bungkukan X
15. Taman Hutan Rakyat Sultan Adam (Negeri Diatas Awan)
16. New Zealand dari Bukit Telang
17. Air Terjun Mandin Damar, Tanah Bumbu
18. Pulau Pamalikan, Pulau Gelap dan Pulau Birah, Kota Baru
19. Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin
20. Air Terjun Bajuin
21. Musium Lambung Mangkurat
22. Pesta Adat Perkawinan Banjar
JANGAN LUPA SUBSCRIBE, LIKE, SHARE DAN COMMENT !


Related

Vacation 7528961678434305541

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item