OKE

APA ITU Google Suite (G-SUITE) For Education ? Dan Bagaimana Cara Registrasinya ?

Google adalah sebuah perusahaan multinasional dari Amerika Serikat yang awal berdirinya hanya fokus kepada mesin pencari (search engine) namun seiring dengan perjalanan waktu, perusahaan ini berkembang pesat dan merambah tidak hanya pada jasa dan produk Internet akan tetapi juga masuk ke perangkat keras (hardware). Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, periklanan daring, sain teknologi, sistem operasi serta perangkat keras. 

Google didirikan pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 4 september 1998, Google didirikan oleh mahasiswa asal Universitas Stamford Amerika, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Larry Page dan Sergey Brin membuat Google sebagai perusahaan swasta pada 1998, mereka berdua mempunyai misi yang sama yaitu mengumpulkan segala informasi untuk mesin pencari mereka agar dapat memudahkan setiap orang khususnya pengguna internet dalam mencari informasi.

Google banyak mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis daring, misalnya google mail (GMail), Google Drive, Google Forms, Google Slides, Google Translate, Google Maps dan sebagainya. untuk bisa menikmati aplikasi-aplikasi tersebut cukup dengan memiliki satu buah akun google baik menggunakan akun Google Standar (gratis) maupun dengan akun Google Suite (G-Suite) yang berbayar, kecuali G-Suite for Education. 

Sedangkan G-Suite sendiri terbagi atas tiga kategori/tingkatan yakni G-Suite Basic, G-Suite Business dan G-Suite Enterprise. Khusus fiture kategori G-Suite for Business, Google juga menyediakan paket G-Suite for Education yang sifatnya GRATIS sebagai bentuk community development dari Google. Hampir semua fiture yang ada pada akun Google Standar juga terdapat pada akun G-Suite, perbedaan mendasar terletak pada fitur-fitur tambahan, misalnya untuk kapasitas penyimpanan (storage), Google Standar memiliki batasan kapasitas Drive sampai dengan 15 GB, sedangkat G-Suite bergantung dari tingkatannya, bahkan khusus G-Suite for Education kapasitas penyimpanan setara dengan Google for Business yakni UNLIMITED atau tak terbatas. 


Google Suite adalah paket layanan berbasis komputasi awan (cloud) yang dapat memungkinkan penggunanya untuk mengerjakan apapun dan dimanapun. G-Suite juga memberikan solusi bagi perusahaan/institusi/lembaga untuk melakukan pekerjaan  bersama-sama  secara online menggunakan e-mail dengan domain sendiri, chatting dan melakukan konferensi video melalui aplikasi Hangouts, kolaborasi dokumen dalam waktu bersamaan menggunakan Google Docs untuk membuat dokumen; Google Slide untuk presentasi; Google Sheet untuk data tabel, akuntansi, maupun rekapitulasi dan masih banyak lagi. 

Google Apps for Education atau sekarang dikenal dengan G-Suite for Education adalah serangkaian alat produktivitas komputasi awan dan perangkat lunak kolaborasi serta perangkat lunak yang ditawarkan secara berlangganan di Google. Aplikasi ini meliputi aplikasi web populer Google termasuk Gmail, Google Drive, Google Hangouts, Google Kalender, dan Google Documents.

Syarat Keikutsertaan aktifasi G A f E (G-SUITE) :

  1. Memiliki domain resmi lembaga/sekolah/yayasan
  2. Memiliki atau mengetahui akses ke C-Panel website lembaga atau DNS Management domain lembaga (User & Password)
Bagi yang belum memiliki dan memahami mengenai website, domain dan hosting dapat kami jelaskan bahwa Domain itu logikanya adalah alamat rumah sedangkan Hosting itu adalah lokasi tanahnya secara fisik. Sebuah Website memiliki 2 unsur itu ketika "membelinya". Dari 2 unsur itu yg paling mahal adalah Hosting atau tanahnya.

Harga domain berkisar 55rb s/d 125rb pertahun bergantung jenis domainnya, sedangkan Hosting berkisar 50rb s/d 50jt pertahun. Logikanya jika beli tanah 1 hektar di tengah kota dengan 1 hektar di hutan tentu harganya berbeda itulah Hosting. Sedangkan Domain bisa ditempatkan dimana saja. Misal Jl.Juanda No.10 Jakarta dengan Jl.Juanda No.10 Papua.

Domain itu contohnya "smaunggul.sch.id" dapat di teempatkan di Hosting di Indonesia atau di tempatkan di Hosting Luar Negeri atau dalam kasus ini Hosting/Tanahnya akan kita gunakan tempat/lokasi Gratis yang disediakan oleh Google.

Jika lembaga/sekolah anda belum memiliki domain maka lembaga anda wajib memilikinya agar dapat memanfaatkan semua fiture GAfE yang ada, jika tidak maka anda hanya dapat memanfaatkan fiture-fiture standar.

Jika sekolah anda tidak memiliki website itu artinya sekolah anda juga belum memiliki domain, untuk memiliki sebuah domain bisa anda beli di penyedia domain dengan harga berkisar 65 ribu s/d 130rb bergantung jenis domainnya, untuk domain SCH.ID berkisar 70 ribu. Untuk proses aktivasi GAfE anda cukup membeli domain (tidak perlu beli hosting), biasanya penyedia domain akan menjual 1 paket domain dan hosting sehingga sedikit mahal, untuk itu cari penyedia domain saja.

Untuk keperluan Google Apps for Education atau Google for Work anda cukup memiliki Domain misal "smkunggul.sch.id" sedangkan hostingnya free karena bisa menggunakan google site atau blogspot untuk CMSnya dan Google Classroom untuk LMS nya.

Berikut ini Persyaratan Pengurusan Domain SCH.ID :
  1.  Scan / Foto Jelas Sertifikat Akreditasi / Sertifikat NPSN Sekolah
  2.  KTP Kepala Sekolah
  3.  KTP Penangungjawab IT atau Pengelola Website
  4.  Surat Kuasa SCH.ID yg di TTD Kepala Sekolah dan di CAP
  5.  Surat Permohonan SCH.ID y di TTD Kepala Sekolah dan di CAP
Nama domain silahkan ditentukan misalnya "sdn023bandung.sch.id"

Berikut ini Persyaratan Aktivasi Full Google for Education (GAFE/G-SUITE):
  1. Scan / Foto Jelas Sertifikat Akreditasi Sekolah 
  2. Scan / Foto Jelas Sertifikat NPSN Sekolah
  3. Scan / Foto 1 contoh Ijasah siswa
  4. Scan / Foto 1 contoh piagam penghargaan yg pernah diperoleh siswa
  5. Domain sekolah
  6. Nama Lengkap Sekolah 
  7. Alamat Lengkap Sekolah
  8. No Telephone Penanggungjawab GAFE
  9. Email Penangungjawab GAFE (Gmail)

Nah, untuk memiliki akun Google Suite anda bisa mendaftarkan perusahaan anda melalui link https://gsuite.google.com/ dengan biaya 3$/per pengguna/per bulan. Pada link tersebut anda akan diajak mencoba menggunakan G-Suite starrer for Basic selama 14 hari untuk selanjutnya bisa di perpanjang (upgrade) menjadi G-Suite for Basic atau G-Suite for Business atau G-Suite for Enterprise. Khusus G-suite for Education anda bisa menggunakan link Google for Education untuk proses pendaftaran (GRATIS).

Introduction Google Apps for Education

Tutorial 1. Registrasi GAFE / G-Suite for Edu

Tutorial 2. Verification Domain

Tutorial 3. Upgrade Full Google for Education

Saat anda melakukan registrasi G-Suite for Education, Verification hingga Upgrade saat ini mungkin sudah terdapat perbedaan tampilan dengan video tutorial tersebut diatas. Namun pada prinsipnya ketiga hal diatas wajib dilalui dalam registrasi G-Suite for Education hingga siap digunakan oleh siswa dan guru.
Video Pemanfaatan G-Suite untuk Administrasi

Video Pemanfaatan G-Suite untuk Izin Online

Dengan pengintegrasian G-Suite for Education di sekolah maka lembaga pendidikan akan selangkah lebih maju dalam penerapan paperless school. Semua guru dan siswa akan menggunakan email dengan domain yang sama sehingga memudahkan dalam pengelolaan.

Tampilan Google Admin

Jika anda mengalami kendala dalam proses registrasi, aktivasi hingga upgrade G-Suite for Education maka kami siap membantu lembaga/institusi/sekolah anda.

Fathur Rachim
Google Educator Group (GEG) 
GEG Kalimantan Timur / GEG Indonesia / GEG APAC

Related

Other 6000489744971900706

Posting Komentar

  1. Semoga ilmu yang bermanfaat inidi balas oleh Tuhan YME.

    BalasHapus
  2. pengguna nya dibatasi 10 pengguna saja ya? sy jadi ga bisa masukan guru-guru lain..ada solusinya ga?

    BalasHapus

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Hot in week

item