OKE

Optimalisasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim menyelenggarakan kegiatan dengan tema "Pelatihan Google App Bagi Pendidikan di Abad 21 Menuju Sekolah Tanpa Kertas".
 
Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 2 -7 Agustus 2015 di Mesra Business and Resort Hotel dan diikuti sebanyak 100 pserta, dengan rincian Guru SMP sebanyak 20 orang, guru SMA 43 orang dan guru SMK 37 orang.
 
Sebagai pembuka acara yaitu Kepala UPTD Tekkom dan Infodik Disdik Prov. Kaltim dikarenakan Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kaltim sedang tidak ada ditempat. Pembukaan dihadiri Perwakilan Google Indonesia, Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) Kaltim, Asosiasi Guru Teknologi Informasi (AGTIFINDO) Samarinda.
 
Mutanto, M.Si mengatakan dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara "Salah satu tolak ukur sekolah yang maju dan modern adalah penerapan dan optimalisasi proses pembelajaran dan administrasi sekolah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK yang digunakan dalam proses pembelajaran, bank data, bahan ajar berbasis TIK, digital library, pembelajaran online." paparnya.
 
"Saya yakin bahwa kegiatan ini, nantinya dapat meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik sekaligus mutu instansinya. Semoga kegiatan pelatihan yang dirancang ini dapat memberikan manfaat ganda bagi pihak sekolah, karena program yang digunakan bersifat freeware atau gratis, mudah dikembangkan dan dapat diimplementasikan di lingkungan sekolah menuju paperless school dengan meminimalisir penggunaan kertas dengan beralih pada pemanfaatan teknologi secara maksimal." tambahnya.
 
Adapun narasumber dalam pelatihan ini yaitu Pepita Gunawan (Education Manager, GoogleIndonesia), Indra Charismiadji (Pengamat Pendidikan, Eduspec Indonesia), Budi Prasetya (Senior Trainer, Intel Edukasi), Fathur Rachim, S.Kom, M.Pd (GEG Kalimantan Timur, Master Traner Intel Teach dan Intel Visionaries Ambassador, Ketua Umum DPP AGTIFINDO), Catur Yoga (GEG East Jakarta, Trainer Intel Teach, Sekretaris Umum DPP AGTIFINDO), Siti Khodijah Dewi Utari (GEG Bogor, Trainer Intel Teach, Bendahara Umum DPP AGTIFINDO).
 
Muchtar Lubis selaku pembina GEG (Google Educator Group) Kaltim mengatakan dalam sambutannya bahwa "Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan TIK secara maksimal. Disamping itu pula diharapkan dapat menjadi embrio atau simpul-simpul pusat sumber beajar dan paperless school di Kabupaten/Kota masing-masing".

http://www.balikpapanpos.co.id/berita/detail/170194-optimalisasi-pembelajaran-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Viral

item