OKE

ANDROID : CARA INSTALL DAN MEMULAI APLIKASI APP INVENTOR

Bersama Hadi Partovi dan R2-D2 Starwars
MIT App Inventor adalah bahasa pemrograman berbasis web yang awalnya disediakan oleh Google, dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang memungkinkan seorang programer pemula dapat membuat aplikasi berbasis Android dan iOS yang masih dalam pengujian beta akhir. App Inventor adalah perangkat lunak gratis dan terbuka.

Aplikasi ini menggunakan graphical user interface (GUI) atau antarmukanya berbasis grafis yang sangat mirip dengan "Code.ORG" atau bahasa pemrograman Scratch yang memungkinkan pengguna hanya melakukan drag-drop objek visual untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat berjalan pada perangkat seluler. Sehingga pengguna tidak akan bersentuhan dengan code-code program yang rumit, cukup memahami algoritma pemrograman atau aplikasi yang ingin dibuat. App Inventor juga mendukung penggunaan data base dan data cloud melalui komponen Firebase.

Meskipun App Inventor merupakan pemrograman berbasis web yang memerlukan koneksi internet saat membuat aplikasi, namun tersedia juga versi offlinenya. Untuk versi offlinenya anda dapat mengunduhnya pada link 1 atau link 2 atau pada link official AI2

Bersama Mitchel Resnick's MIT Lab's 

Untuk memulai dan menjalankan aplikasi MIT App Inventor anda harus memiliki akun terlebih dahulu baik yang online maupun offline. Untuk yang versi online silahkan mengunjungi situs dengan alamat atau link http://ai2.appinventor.mit.edu/ selanjutnya anda akan diminta memasukkan akun Google anda baik yang G-Suite maupun yang biasa.


Untuk App Inventor yang offline, setelah melakukan download pada link tersebut diatas, langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi. Jalankan file "AI2U 64bit v4.6.EXE" dan ikuti tahapan instalasi hingga selesai. 


Jika sukses maka pada area desktop terdapat aplikasi App Inventor 2 Ultimate dengan icon Android Hijau yang siap di eksekusi atau dibuka. Lalu doble klik (buka) icon tersebut untuk menjalankan App Inventor yang jika berhasil maka pada taskbar akan tampak tiga buah aplikasi baru yang terbuka yakni dua buah command prompt satu buah starter dengan pesan "Server Running".


Selanjutnya buka tab baru pada web browser (disarankan Chrome terbaru) lalu ketikkan alamat "http://127.0.0.1:8888" atau "http://localhost:8888" pada address bar hingga tampil halaman login seperti tampak pada gambar berikut.


Langkah berikutnya, klik tulisan/link "Click Here to use your Google Account to login" lalu masukan email anda yang sesuai dengan email pada MIT App Inventor versi onlinenya, klik "Sign in as Administrator" dan klik Login. Untuk login pertama kali anda akan disuguhi dialog box "Terms of Service", pilih Accept untuk melanjutkan dan menampilkan interface dari App Inventor seperti tampak pada gambar berikut ini.


Sampai disini, maka aplikasi MIT App Inventor baik yang versi offline maupun yang versi online siap digunakan. Kelebihan dari yang versi online yakni anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi dan dapat bekerja dari perangkat manapun yang terhubung ke Internet. Sedangkan versi offline anda hanya dapat bekerja pada komputer yang diinstal aplikasi tersebut. Namun demikian pada versi offline juga terdapat menu untuk mendownload project, sehingga dapat diupload ke versi yang onlinenya.

Mungkin dalam instalasi aplikasi yang offline anda harus menyesuaikan dengan versi dan bits windowsnya atau melakukan instalasi add-on tambahan seperti Net Framework dsb karena jika tidak maka aplikasi tidak akan berjalan dengan sempurna/lancar.

Fathur Rachim




Related

Komputer 1513526915856320739

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

emo-but-icon

Follow Me !

Tabs

Hot in week

Langgan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

AGTIFINDO

AGTIFINDO
Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia

Tayangan

item